Warga Diingatkan Waspada, Kubang Sirakuk Selatan Rawan Longsor


Rabu, 28 Agustus 2019 - 15:45:11 WIB
Warga Diingatkan Waspada, Kubang Sirakuk Selatan Rawan Longsor RAWAN LONGSOR - Pembangunan riol di kawasan Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan Sawahlunto. FADIL

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Berada di kawasan yang rawan longsor, Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, mengarahkan sebagian besar Dana Alokasi Umum (DAU) yang diterimanya untuk perbaikan dan peningkatan infrastruktur.

Pembangunan roil, pembuatan daam, hingga peningkatan jalan masih menjadi program pokok yang dilaksanakan kelurahan yang memiliki luas 27,28 hektar tersebut, dalam memberikan kenyamanan warganya.

Dari Rp352,94 juta DAU yang dimilikinya, Rp105,8 juta diantaranya diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat, dalam bentuk pengadaan mesin jahit dan pelatihan konveksi. Sedangkan sisanya Rp247,05 juta diarahkan untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur lingkungan.

“Anggaran DAU yang ada, sebagian besarnya diarahkan untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur lingkungan, hampir setengah DAU untuk pembuatan riol yang ada di empat RT,” ungkap Lurah Kubang Sirakuk Selatan, Rahmadeni kepada Haluan, Rabu (28/8).

Wanita kelahiran 30 November 1978 itu mengungkapkan, pembangunan riol, daam dan peningkatan jalan merupakan kegiatan yang terbilang mendesak di kelurahan yang dipimpinnya. Hal itu mengingat, Kubang Sirakuk Selatan terbilang rawan longsor.

Tentu, lanjut Rahmadeni,dalam menetapkan program pembangunan, pemerintah bersama tokoh masyarakat mengakomodir permasalahan yang ada di tengah masyarakat, yang terbilang mendesak untuk dicarikan alternatif penyelesaiannya.

“Pemerintah bersama tokoh masyarakat, tentu sedia payung sebelum hujan. Mencari solusi dari kondisi dan kemungkinan permasalahan yang akan timbul. Sehingga masyarakat mendapatkan kenyamanan dari program yang dilaksanakan,” ujarnya.

Harapannya, lanjut Rahmadeni, pelaksanaan kegiatan dapat mengatasi masalah sanitasi, yang berhubungan dengan riol yang terbilang memadai, serta mencegah bahaya longsor, dan yang tidak kalah pentingnya mempermudah akses masyarakat di kawasan pemukiman setempat.

Rahmadeni menguraikan, untuk pembangunan riol pada empat RT dianggarkan Rp161 juta, pembuatan daam Rp30 juta, serta pembangunan jalan beton tumbuk serta daam pengaman jalan di kawasan RT 04 RW 02 dialokasikan Rp56,06 juta.

Seluruh program pembangunan dan peningkatan infrastruktur lingkungan yang dilaksanakan Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan, telah dimulai sejak 5 Agustus yang akan berakhir pada 3 Oktober mendatang.

Kondisi pencapaian pekerjaan saat ini, riol sudah 55 persen, pemasangan daam 70 persen, sedangkan peningkatan jalan masih 45 persen. Jika tidak ada halangan, Rahmadeni sangat yakin, pelaksanaan pekerjaan akan selesai tepat waktu dan dapat segera dimanfaatkan masyarakat.

Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan yang tersebar di kawasan seluas 27,28 hektar itu, memiliki penduduk 1.130 jiwa, yang terdiri dari laki laki 560 orang dan perempuan 570 orang, dari 329 kepala keluarga.

Secara keseluruhan anggan yang dimiliki Kubang Sirakuk Selatan sepanjang 2019 mencapai Rp667,77 juta, dengan rincian Rp352,94 juta DAU, Rp278,83 juta dana operasional, dan Rp36 juta alokasi honor RT dan RW. (h/dil)

loading...
Reporter : Fadil /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]