Kota Pariaman Sudah Punya 35 BUMDes


Rabu, 28 Agustus 2019 - 16:24:04 WIB
Kota Pariaman Sudah Punya 35 BUMDes EFENDI JAMAL

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sudah lebih setengah dari jumlah desa di Kota Pariaman telah mendirikan Badan Udaha Milik Desa atau BUMDes dan eksis. Jumlah Desa di Kota Pariaman ada 55 desa, jumlah BUMDes sudah 35 BUMDes, dan 20 lagi sedang dalam proaes pendirian, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Efendi Jamal, Rabu (28/8).

BUMDes yang ada itu dengan beragan usaha yang berhimpun didalamnya, ada usaha penarikan jasa pembayaran listrik, air yang bersih dan ada pula usaha foto copy. Terbitnya UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa memimpikan kehidupan desa yang otonom dalam mengelola pemerintah dan kemasyarakatannya.

Berlakunya regulasi tentang desa membuka harapan bagi masyarakat desa untuk berubah.
Dan hal tersebut dapat menjadi momentum guna mendorong lahirnya desa dengan tata kelola yang lebih akuntabel dan transparan, masyarakat desa yang partisipatif, dan perekonomian desa yang menghidupi.

Lekatnya nilai-nilai lokal sepert gotong-royong, merupakan aset pembangunan perdesaan yang berpengaruh pada percepatan pembangunan ekonomi desa. Dalam berbagai kajian perekonomian desa, yang tidak boleh dilupakan adalah kondisi modal sosial (social capital) masyarakat desa yang sudah sangat kuat.

Masyarakat desa mempunyai beragam ikatan sosial dan solidaritas sosial yang kuat, sebagai penyangga penting kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Swadaya dan gotong royong telah terbukti sebagai penyangga utama kelancaran pembangunan di desa.

“Jadi, kemajuan BUMDes, tentu tak perlu diragukan, selain berjalan dengan manajemen yang baik juga sangat tergantung kepada pemanfaatanya oleh masyarakat terhadap badan usaha tersebut,” kata Efendi Jamal.

DPM dan Desa Kota Pariaman siap mendukung pendirian BUMDes oleh desa. “Diharapkan tahun ini semua desa sudah memiki BUMDes,” kata Efendi Jamal mengakhiri. (h/tri)


Reporter : Trisnaldi /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 Agustus 2019 - 17:00:50 WIB

    50 Kota Anggarkan Rp21,2 M untuk Rehab Rumah Warga Tak Mampu

    50 Kota Anggarkan Rp21,2 M untuk Rehab Rumah Warga Tak Mampu LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Tahun ini pemerintah kembali menggelontorkan anggaran yang luar biasa untuk rumah bantuan bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Limapuluh Kota. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, mencapai.
  • Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:57:06 WIB

    Mobil Walinagari Dibakar? Warga Limapuluh Kota Gempar

    Mobil Walinagari Dibakar? Warga Limapuluh Kota Gempar LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Warga Nagari Baruah Gunung, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota digemparkan dengan peristiwa terbakarnya mobil milik Walinagari Baruah Gunung, Ciswarman..
  • Rabu, 31 Juli 2019 - 16:12:12 WIB

    IPA UPTD Kota Pariaman Ditingkatkan jadi 50 Liter per Detik

    IPA UPTD Kota Pariaman Ditingkatkan jadi 50 Liter per Detik PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Peningkatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) UPTD Air Bersih Kota Pariaman di Cubadak Mentawai dari 30 liter per detik ke 50 liter per detik sedang dikerjakan saat ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM