Peternakan Ayam Kampung Super Mulai Dilirik Peternak Sawahlunto


Rabu, 28 Agustus 2019 - 16:38:43 WIB

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Usaha peternakan ayam kampung super mulai diminati beberapa pengusaha skala kecil di Kota Sawahlunto. Potensi penjualan ayam jenis kampung super dinilai lebih mendapat sambutan masyarakat, ketimbang pendahulunya ayam broiler.

“Kami baru mencoba untuk mengembangkannya, bibit ayam kami datangkan dari luar Sumbar, dan kemudian dibesarkan untuk kemudian dipasarkan ke masyarakat,” ujar Feri (36), salah seorang peternak ayam kampung super kepada Haluan.

Menurut bapak satu anak itu, masa pengembangan ayam kampung super sama dengan ayam broiler. Hanya saja, daging dan kekuatan fisiknya jauh lebih unggul ketimbang broiler. Sebab, broiler ketika terkejut, bisa langsung mati.

Itu bedanya, ujar Feri, ayam kampung super tahan kejut ataupun suara berisik, struktur tubuhnya pun jauh lebih padat, dan sama persis dengan ayam kampung pada umumnya. Keunggulannya, ayam kampung super tumbuh jauh lebih cepat ketimbang ayam kampung biasanya.

“Untuk usia panen, ayam kampung super sama dengan ayam broiler. Hanya dalam hitungan dua bulan siap untuk dipasarkan ke masyarakat yang seleranya lebih suka kepada ayam kampung,” ujarnya.

Untuk harga sendiri, menurut Feri, pemasuk anakan ayam kampung super di Kota Padang, siap menampung seluruh ayam siap panen dengan harga Rp35 ribu per kilogram,. “Untuk harga masih terbilang tinggi,” katanya.

Sementara untuk mendapatkan bibit ayam kampung super, peternak masih harus mendatangkannya dari Surabaya Jawa Timur. Harganya berada di kisaran Rp11 ribu per ekor untuk sampai di Kota Sawahlunto.(h/dil)


Reporter : Fadil /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 April 2016 - 04:02:14 WIB
    Rumah Makan Rindu Minang Diresmikan

    Lapangan Golf Anai Resort untuk Agrowisata Peternakan

    Lapangan Golf Anai Resort untuk Agrowisata Peternakan PADANG PARIAMAN, HALUAN — Komisaris utama PT Andalas Anaipermai International, Siswono Yudohusodo menyatakan, kehadiran Rumah Makan Rindu Minang di Kawasan obyek wisata Anai Resort adalah bentuk ingin sato sakaki dalam par.
  • Senin, 28 Desember 2015 - 02:54:28 WIB
    Sumbar Menghadapi MEA

    Peternakan Berbasis Rakyat Cocok Diterapkan

    PADANG, HALUAN — Pakar ternak unggas Su­matera Barat Prof Hafil Abbas mengatakan peter­nakan yang berbasis rakyat cocok diterapkan guna menghadapi era Masya­rakat Ekonomi ASEAN..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM