65 Anggota DPRD Sumbar Periode 2019-2024 Dilantik


Rabu, 28 Agustus 2019 - 22:27:55 WIB
65 Anggota DPRD Sumbar Periode 2019-2024 Dilantik UNJUK RASA- Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Sumatera Barat melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Sumbar, Padang, Rabu (28/8). Dalam aksi yang bertepatan dengan pelantikan anggota DPRD Sumbar terpilih periode 2019-2024 tersebut, para mahasiswa menuntut anggota dewan baru agar pro rakyat dan tidak lupa akan janji selama kampanye. TIO FURQAN

 


PADANG,HARIANHALUAN- Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Husni Rizal memandu pengucapan sumpah anggota DPRD Sumbar terpilih periode 2019-2024. Anggota DPRD dari delapan daerah pemilihan ini diambil sumpahnya di ruang sidang utama gedung DPRD Sumbar, Rabu (28/8).

Anggota DPRD yang disumpah berasal dari sembilan partai politik, yakninya dari PKB, Partai Gerinda, PDIP, Nasdem, Golkar, PKS, PPP,  PAN dan  Demokrat. 

Saat pelantikan 65 orang wakil rakyat dari 19 kabupaten/kota ini, Desrio Putra dari Partai Gerindra ditetapkan sebagai Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumbar. Sementara Irsyad Syafar dari PKS mendampingi sebagai Wakil Ketua Sementara sampai ditetapkan pimpinan yang definitif.

Penetapan pimpinan sementara didasari kepada perolehan kursi dan suara partai politik pada pemilihan umum (pemilu) 2019 lalu. Partai Gerindra mendapatkan kursi terbanyak yaitu sebanyak 14 kursi sementara PKS mendapatkan 10 kursi. 

Penyerahan palu pimpinan pada Ketua Sementara dilakukan oleh Ketua DPRD periode 2014-2019, Hendra Irwan Rahim disaksikan gubernur dan wakil gubernur. 

Ketua DPRD Sumbar periode 2014-2019, Hendra Irwan Rahim dalam kesempatan itu menyampaikan pesan, agar pimpinan dan anggota DPRD yang baru dapat melanjutkan upaya peningkatan kinerja DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah ke arah yang lebih baik. 

"Keberhasilan yang telah dicapai selama ini, hendaknya dapat semakin ditingkatkan sementara kelemahan yang masih ada hendaknya dapat dijadikan lebih baik," pesannya. 

Hendra menuturkan, salah satu keberhasilan bersama antara DPRD dan pemerintah provinsi yang perlu dipertahankan adalah berkaitan dengan anggaran. Selama tujuh tahun berturut-turut, Sumatera Barat berhasil meraih dan mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). 

"Keberhasilan yang dicapai dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi DPRD hendaknya dapat dilanjutkan oleh anggota DPRD periode berikutnya dengan peningkatan ke arah yang semakin baik," ujarnya.

Kepada anggota DPRD periode 2014-2019, dia menyampaikan terima kasih atas pengabdian selama lima tahun. Dimana selama masa jabatannya di periode lalu telah membuahkan berbagai keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan fungsi legislatif. Keberhasilan itu merupakan sebagai sebuah perjuangan dalam rangka pengabdian diri kepada masyarakat yang telah mempercayainya menjadi wakil rakyat. 

Selanjutnya, teruntuk anggota DPRD yang baru, Hendra mengucapkan selamat datang dan selamat menjalankan amanah rakyat. Dia berharap, pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD ke depan akan semakin baik lagi sehingga memberikan kontribusi lebih besar terhadap kesejahteraan masyarakat.  

Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Barat Desrio Putra dalam kesempatan itu menyampaikan, terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat atas kepercayaan yang telah diberikan untuk mewakili di lembaga DPRD. 

"Demikian juga kepada semua pihak, KPU dan Bawaslu, pemerintah provinsi serta sekretariat DPRD yang telah mempersiapkan rangkaian prosesi peresmian pengucapan sumpah anggota DPRD periode 2019 - 2024," ujarnya. 

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014 - 2019 atas pengabdiannya kepada masyarakat. Desrio berjanji akan terus berupaya meningkatkan kinerja lembaga DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsi untuk kepentingan masyarakat. (h/len)

loading...
Reporter : LEN /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 10:59:31 WIB

    Jelang Pilkada, 65 PPK se-Kabupaten 50 Kota Dilantik

    Jelang Pilkada, 65 PPK se-Kabupaten 50 Kota Dilantik LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 65 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, re.
  • Rabu, 14 Agustus 2019 - 21:46:50 WIB

    Terbanyak Gerindra, KPU Tetapkan 65 Calon Terpilih untuk  DPRD Sumbar

    Terbanyak Gerindra, KPU Tetapkan 65 Calon Terpilih untuk  DPRD Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan perolehan jumlah kursi partai politik dan penetapan calon terpilih untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar dalam Pe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]