Mantap! Dua Oknum Wartawan Pemeras Kepala Sekolah Ditangkap Polisi


Kamis, 29 Agustus 2019 - 11:46:19 WIB
Mantap!  Dua Oknum Wartawan Pemeras Kepala Sekolah Ditangkap  Polisi Dua oknum wartawan pemeras Kepsek ditangkap polisi. (ist/dtc)

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Kasus pemerasan  terhadap Kepala Sekolah dan bendaharawan semakin kerap terungkap.  Aksi pemerasanpun dilakukan dengan berbagai modus.

Seperti yang terjadi di Kabupaten  Cirebon  ini, polisi setempat  sukses  menangkap dua oknum wartawan yang memeras Kepala SDN 1 Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. 

Dua pelaku yang berinisial SS dan DS tertangkap tangan saat bertransaksi di SDN 1 Setupatok. 

"Kami menangkap pelaku pemerasan dengan ancaman melalui operasi tangkap tangan (OTT). Inisial SS dan DS," kata Kapolsek Mundu Polresta Cirebon AKP Iwan Gunawan, seperti dikutip dari  detik.com Kamis (28/8/2019).

Iwan mengungkapkan bahwa pelaku meminta uang puluhan juta rupiah kepada korban.

"Sebelumnya itu meminta Rp 160 juta, kemudian disepakati Rp 30 juta. Informasinya korban ini dituduh melakukan tindakan yang tidak baik," kata Iwan.

Selain mengamankan pelaku, polisi menyita barang bukti uang senilai Rp 29 juta yang dibungkus plastik warna putih. 

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 368 tentang pemerasan dengan ancaman, sanksinya kurungan penjara maksimal lima tahun.

"Iya mengaku berprofesi sebagai wartawan. Di identitas KTP status pelaku ini wartawan. Kita tidak melihat profesinya, tapi individunya," ujar Iwan.

 

 

Kepala SDN 1 Setupatok Mashuri yang menjadi korban pemerasan mengatakan sehari sebelum penangkapan itu pelaku sempat memeras dan mengancamnya. 

Mashuri mengaku dituduh berbuat tak menyenangkan.
"Awalnya saya menyelesaikan tugas SPJ. Ketemuan di hotel dengan pihak TU, kemudian saya pulang sore. Rombongan pelaku datang ke rumah," ucap Mashuri.

Ia mengatakan saat itu pelaku bersama rombongannya mengaku sebagai wartawan. Pelaku sempat menyebutkan nominal uang.

"Ya pelaku mengancam nanti dilaporkan ke Disdik dan lainnya. Awalnya minta Rp 160 juta, kemudian deal sampai Rp 30 juta untuk dua orang, jadi Rp15 juta dikali dua," kata Mashuri. (dtc)

loading...
 Sumber : DTC /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]