Polantas Sawahlunto Diimbau Bersikap Simpatik dan Humanis Layani Masyarakat


Kamis, 29 Agustus 2019 - 15:47:41 WIB
Polantas Sawahlunto Diimbau Bersikap Simpatik dan Humanis Layani Masyarakat OPERASI PATUH 2019 - Pemasangan pita kepada personil yang terlibat operasi patuh oleh Kapolres Sawahlunto, AKBP. Zamronny Wibowo, Kamis (29/8). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) agar bersikap simpatik dan humanis dalam melayani masyarakat. Polantas juga jangan menjadi pemicu konflik pelaksanaan tugas di lapangan.

 

Harapan itu disampaikan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sawahlunto, AKBP. Zamronny Wibowo membacakan amanat Kapolda Sumatra Barat, Irjend Pol Fakhrizal saat apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2019, Mapolres setempat, Kamis (29/8).

"Harapannya, citra dan potret Polisi ditengah-tengah masyarakat bisa menjadi lebih baik," kata kapolres membacakan amanat kapolda.

 

Masih dalam amanat kapolda, polantas harus mampu membangun opini yang positif terhadap citra Polri dengan ramah, sopan dan tegas dalam menjalankannrugas, sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat serta penegakan hukum yang profesional.

 

Dalam Ops patuh yang dimulai 29 Agustus sampai 11 September 2019 itu, sebutnya, perlu dilakukan upaya pembinaan, penyuluhan dan penyebaran brosur kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas yang baik dan benar.

"Sasaran utama dari Ops Patuh 2019, pengendara kendaraan yang tidak memakai helm standar serta kendaraan yang tidak sesuai dengan peruntukannya," ujarnya kepada Haluan.

 

Kepada anggota polantas juga dingatkan, agar memperhatikan SOP dalam melakukan tugas, sehingga dapat menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (kamsetibcarlantas) kepada pengguna lalulintas.

"Dari kegiatan ini akan tercipta Kamseltibcarlantas yang kondusif, menurunya pelanggaran, dan meningkatnya disiplin masyarakat," ujarnya.

 

Dalam mendukung kegiatan pendidikan masyarakat lalulintas juga dilakukan dikmas pada masyarakat teroganisir maupun non teroganisir, Police goes to campus/school, bekerja sama dengan media massa, safety riding dan safety driving, kampanye tertib lalulintas serta global road safety partnership actions.

 

Kasat Lantas, AKP, Ronny AZ menambahkan, apel gelar pasukan yang dilakukan hari ini untuk mengetahui kesiapan personil Polres Sawahlunto dan sarana pendukung, sehingga pelaksanaan ooerasi patuh dapat berjalan optimal dan berhasil, sesuai tujuan dan sasarannya.

 

Ada tiga kategori sebutnya, yang dilaksanakan dalam operasi patuh Singgalang, yakni 50 oersen preemtive atau pendidikan, 30 persen preventif atau pencegahan dan 20 persen lainnya, refresif atau penindakan. (h/rki)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 15 April 2016 - 03:22:40 WIB

    Polantas Sijunjung Stop Razia di Tikungan

    DHARMASRAYA, HA­LU­AN — Masyarakat yang melintas di jalan lintas Su­ma­tera (Jalinsum) khu­susnya Sijunjung, mulai merasa nyaman ketika razia di tikungan mulai usai bebe­rapa hari terkahir ini setelah di kritik media .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]