Percepat Program WTC, Pemko Pariaman Benahi Sejumlah Sungai


Kamis, 29 Agustus 2019 - 15:54:15 WIB

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Pariaman terus membenahi sejumlah sungai yang ada di daerah setempat guna percepatan program Water Front City (WTC).

"Tahun 2019, total dana untuk pembenahan aliran sungai dalam bentuk normalisasi sungai ada Rp5 miliar lebih dan itu meningkat dari tahun lalu Rp1 miliar," kata Harmon, Kabid PSDA Dinas PUPR dan Pertanahan Kota Pariaman, Rabu (28/8).

Program Water Front City itu juga bagaimana sungai -sungai yang ada terbenahi, indah dan menyenangkan, serta menjadi destinasi wisata.

Otomatis aliran sungai harus bersih dari sampah, tidak lagi ada sampah plastik yang dibuang ke dalam sungai. Realisasi pekerjaan fisik normalisasi ditiga sungai yang sedang dikerjakan saat ini, Batang Piaman 60 persen, Batang Pampan 30 persen dan Batang Jirak 40 persen.

Sementara Plt Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman, Asrizal terkait tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke dalam aliran sungai yang ada di Kota Pariaman, cukup baik.

Sudah agak jarang terlihat sampah dengan kantong plasti kresek hanyut bersama aliran air menuju muara, meski terkadang ada juga terlihat satu-satu. Bantaran sungai jangan dijadikan tempat tumpukan sampah atau pembuangan material bangunan, sebab cerminanya adalah terhadap program Water Front City.

Dalam hal ini, program akan terlibat berhasil bila didukung masyarakat termasuk tidak menjadikan bantaran sungai tempat penumpukan sampah. Ditengah pemerintah dengan program-program lingkungan serta pembenahan dan penataan aliran sungai untuk lebih baik dan indah peran masyarakat menjaga lingkungan sangat berdampak positif untuk kemajuan program tersebut.

Kota Pariaman adalah kota kunjungan wisata, maka sangat dibutuhkan dukungan masyarakat yang selama ini sudah ada untuk kesuksesanya.

“Kota yang indah bersih dan nyaman, sering menjadi target kunjungan oleh wisatawan, tidak hanya lokal tapi juga dari luar daerah, citra itu sudah ada bagi kota pariaman, tinggal lagi kitamenjaga dan meningkatkanya,” kata Asrizal. (h/tri)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]