50 Kota Anggarkan Rp21,2 M untuk Rehab Rumah Warga Tak Mampu


Kamis, 29 Agustus 2019 - 17:00:50 WIB
50 Kota Anggarkan Rp21,2 M untuk Rehab Rumah Warga Tak Mampu SERAHKAN KUNCI -- Bupati Irfendi Arbi menyerahkan secara simbolis kunci rumah bantuan sudah yang selesai dibangun dari dana pemerintah. DADANG

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Tahun ini pemerintah kembali menggelontorkan anggaran yang luar biasa untuk rumah bantuan bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Limapuluh Kota. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, mencapai ribuan unit dengan senilai Rp21,2 miliar.

 

Ada tiga sumber dana pembangunan rumah bantuan tersebut. Yakni dari APBN, APBD Provinsi Sumbar dan APBD Kabupaten Limapuluh Kota.

 

Diterangkan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Limapuluh Kota dr Adel Noviarman pada Rabu (28/8) siang, apabila ditotalkan dari tiga sumber dana tersebut, terdapat setidak 1019 unit bantuan rumah bagi masyarakat kurang mampu. Yaitu untuk pembangunan rehab dan pembangunan baru.

 

1019 unit tersebut, terdiri dari 178 unit rehab rumah pada Program Kotaku bersumber dari DAK yang berlokasi di Kecamatan Payakumbuh. Kemudian, 126 unit pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Strategis yang bersumber dari APBN untuk dua kecamatan. Masing-masing Kecamatan Akabiluru sebanyak 32 unit dan Kecamatan Kapur IX 94 unit.

 

 

Selanjutnya, bantuan pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Dekon Provinsi Sumbar sebanyak 440 unit. Rumah bantuan dari APBD Propinsi Sumbar tersebut, tersebar di berbagai kecamatan se Kabupaten Limapuluh Kota.

 

Terakhir, sebanyak 275 unit rumah bantuan kategori pembangunan baru yang bersumber dari APBD Kabupaten Limapuluh Kota. " Dari 4 kegiatan bantuan rumah tersebut, sudah dilaksankan. Ditargetkan sebelum akhir tahun ini. Seluruh rumah bantuan selesai dibangun sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu,"tegas dokter Adel.

 

Diterangkannya lagi, bantuan rehab rumah yang bersumber dari APBN serta APBD Propinsi, untuk satu unit senilai Rp 17,5 juta. Sedangkan bantuan pembangunan rumah baru bersumber dari APBD Limapuluh Kota, satu unitnya senilai Rp 30 juta. "Kalau ditotalkan ya sekitar Rp 21,2 miliar," katanya lagi.

 

Sedangkan, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi jauh-jauh hari sudah mengatakan, tidak ada lagi rumah masyarakat di daerah tersebut yang tidak layak huni. Bupati pun terus berupaya untuk memberikan yang terbaik terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota.

 

"Semua rumah yang tak layak huni didata kemudian diperbaiki. Harapan kita, ke depan nya tidak ada lagi rumah masyarakat yang tidak layak huni," terang Bupati Irfendi Arbi. (h/ddg)

loading...
Reporter : Dadang /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Desember 2019 - 16:10:29 WIB

    Nagari VII Koto Talago 50 Kota Baralek Gadang

    Nagari VII Koto Talago 50 Kota Baralek Gadang LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 84 penghulu atau pemangku adat tujuh jorong di Nagari VII KotoTalago, Kecamatan Guguk, Kabupaten Limapuluh Kota, dikukuhkan atau dipati ambalau. Dalam acara tersebut dilaksanakan ju.
  • Rabu, 31 Juli 2019 - 16:12:12 WIB

    IPA UPTD Kota Pariaman Ditingkatkan jadi 50 Liter per Detik

    IPA UPTD Kota Pariaman Ditingkatkan jadi 50 Liter per Detik PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Peningkatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) UPTD Air Bersih Kota Pariaman di Cubadak Mentawai dari 30 liter per detik ke 50 liter per detik sedang dikerjakan saat ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]