APBD Sumbar Tambah Dana Reklamasi Batang Agam


Kamis, 29 Agustus 2019 - 17:01:59 WIB

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Keseriusan Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi untuk membangun reklamasi Batang Agam tidak diragukan lagi. Pasalnya setiap tahun proyek tersebut berlanjut dan Wali Kota mampu meraih dana pusat untuk kelanjutan pekerjaan proyek pembangunan tersebut.

Sehingga jadwal kerja rekanan WIKA – NKE yang mengerjakan Reklamasi Batang Agam senilai Rp180 miliar, dengan multiyear hingga tahun 2019 ini, diyakini selesai sesuai rencana,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PU/PR) Kota Payakumbuh, Muslim,ST,MSi yang dihubungi di kantornya kemarin.

Menurut dia, pembangunan Reklamasi Batang Agam di Kota Payakumbuh, yang semula direncanakan sepanjang 10,9 kilometer dari Balaipanjang Payakumbuh Barat, menuju Payobasuang Payakumbuh Timur, pekerjaannya saat ini sudah berhasil dirampungkan hampir 50 persen. “Pada tahun depan harapan kita proyek pembangunan Reklamasi Batang Agam berlanjut lagi, sehingga dapat dikerjakan pinggiran batang Agama arah ke Payakumbuh Timur,”tuturnya.

Sejalan dengan pekerjaan proyek reklamasi batang Agam yang sedang berlangsung, tahun 2019 ini. Kini Kota Payakumbuh juga memperoleh dana APBD Sumbar, sebesar Rp3 miliar yang akan dialokasikan untuk pembangunan reklamasi Batang Agam, lanjutan yang berlokasi di dekat jembatan ke Kubu Gadang dari jalan Irma Suryani.

Pembangunan yang akan dilaksanakan itu, merupakan reklamasi sepanjang 150 meter disisi kiri dan kanan sungai. Selain itu, pada bahagian pinggir sungai diruas tersebut, juga bakal dilengkapi dengan track untuk pejalan kaki dan lari warga kota, pembuatan jalan serta taman. Selain itu juga akan dilengkapi dengan RTH, sport center, kuliner dan lain.

Dikatakan Muslim, khusus untuk Reklamasi Batang Agam tahap II yang akan berakhir 2019 bakal menghabiskan dana Rp 180 miliar itu, dimulai dari jembatan Ibuh Payakumbuh Barat, menuju jembatan Tanjung Pauh dekat Kantor Camat Payakumbuh Barat, di Tanjung Pauh.

Sedangkan pekerjaan sebelumnya tahapan 2017 – 2019, pada tahap I dekat jembatan Tanjung Pauh Koto Nan Ampek, sudah rampung pengerjaannya. Dilokasi tersebut, sudah dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai kegiatan, jalan dan taman berfungsi dengan baik dan mempercantik objek wisata pinggiran Batang Agam tersebut.

Di sekitar Kelurahan Tanjung Pauh, akan dibangun pula oleh Pemko Payakumbuh melalui Disparpora setempat, berupa sarana prasarana olahraga berupa sport hall. Jika hal ini menjadi kenyataan, akan lebih memberi kegairahan kepada para atlet kota ini, utamanya pada cabang olahraga senam artistic, pencak silat, karate, taekwondo, tinju dan lain.

“Pada masa lalu sungai dianggap halaman belakang, tapi sekarang persepsi tersebut sudah berubah. Sehingga sungai di Kota Payakumbuh, akan kita jadikan halaman depan dan sekaligus menjadi pusat pertumbuhan kkonomi baru di Kota Payakumbuh,”sebut Muslim.

Untuk pembangunan dan penataan kawasan Batang Agam tersebut, maka Pemerintah Kota Payakumbuh, sejak 2015 2017, telah merealisasikan ganti wajar tanah, tanaman tumbuh, dan bangunan yang terkena proyek ini. "Dari lima kelurahan yang dilalui proyek, telah dibayarkan 85 persil,”ulasnya.

Ditambahkan, sejak tahun 2015 telah dibayarkan 9 persil tanah yang terletak di Kelurahan Sungai Pinago dan 1 persil di Kelurahan Tanjung Pauh, dengan dana lebih kurang 1,8 M. Sebanyak 45 persil telah dibebaskan di tahun 2016. Pembebasan tahun 2017 sebanyak 30 persil. "Secara keseluruhan, status pembebasan lahan Batang Agam, segmen I dan II, sebanyak 85 persil,”jelasnya. (h/zkf)

loading...
Reporter : Zulkifli /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]