Pegurus DPW Apkasindo Sumbar Resmi Dilantik


Kamis, 29 Agustus 2019 - 22:59:57 WIB
Pegurus  DPW Apkasindo Sumbar Resmi Dilantik Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Apkasindo Provinsi Sumbar foto bersama usai resmi dilantik, YESI

PADANG,HARIANALUAN.COM-Sebanyak 42 orang Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Apkasindo Provinsi Sumbar resmi dilantik di Ballroom Hotel Kriyad Bumi Minang, Kamis (29/8). Dengan pelantikan ini diharapkan Apkasindo semakin solid dan kuat dengan tujuan kesejahteraan para petani sawit.


Ketua Panitia Pelantikan, Darman, menyebutkan, kegiatan pelantikan DPW wilayah Sumbar ini didasarkan dari musyawarah wilayah (Muswil) DPP Apkasindo dengan mengacu kepada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Sehingga terbentuk susunan dan kepengurusan Apkasindo yang baru.

 

“Pelantikan ini merupakan acara yang dicita-citakan petani sawit di Sumbar. Karena sesuai jargonnya ‘Apkasindo Kuat, Petani Sejahtera’ akan bisa terwujud dengan adanya pengurus yang baru dilantik," kata Darman pada acara pelantikan kemarin.

 

Sementara itu, Ketua DPW Apkasindo Sumbar, Jufri Nur, mengatakan, Apkasindo merupakan organisasi kemasyarakatan profesi petani kelapa sawit yang telah terdaftar di Kemendagri. Saat ini Apkasindo telah tersebar di 22 provinsi dan 116 Kabupaten penghasil kelapa sawit di Indonesia, mulai dari Aceh hingga ke Papua.

 

“Untuk wilayah Sumbar terdapat enam Dewan Pimpinan Daerah (DPW) Apkasindo. DPW Apkasindo provinsi Sumbar yang mewakili puluhan ribu petani kelapa sawit yang ada di Sumbar,’ ujarnya.

 

DPW ini, katanya, diperkuat dengan adanya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di enam wilayah di Sumbar, seperti DPD Kabupaten Agam, DPD Pasaman Barat, DPD Pesisir Selatan, DPD Dharmasraya, DPD Solok Selatan, dan DPD Sijunjung.

Dalam pelantikan yang turut dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tersebut, Jufri juga menyampaikan permintaan dari Apkasindo agar ditetapkannya Pergub tentang satu harga kelapa Sawit di Sumbar.

"Dalam kesempatan ini, Apkasindo minta diterbitkan Pergub penetapan satu harga kelapa sawit dengan mitra demi terlaksananya petani yang sejahtera. Agar petani dan perusahaan tidak tumpang tindih dalam menjalankan perannya," ucap Jufri.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Apkasindo, Gulat Manurung, mengapresiasi dan mengucapkan selamat pelantikan DPW Apkasindo Sumbar.

 

"Ada yang unik dari Apkasindo Sumbar, ada 12 orang pengurus Apkasindo yang duduk sebagai anggota DPRD. Hal tersebut sangat positif, karena itu adalah cara kami untuk berkomunikasi kepada pemerintah dalam membantu teman-teman petani sawit di Sumbar," ucap Gulat.

 

Ia juga menegaskan, DPW Apkasindo terbaik di Indonesia salah satunya adalah DPW Sumbar. Ini organisasi yang cukup matang. “Sawit Indonesia harus jadi perjuangan kita meskipun sangat ditekan asing dan uni eropa. DPP Apkasindo ingin unjuk gigi, bahwa Apkasindo bukanlah petani sawit kaleng-kaleng. Apkasindo selalu terdepan untuk sawit indonesia," kata dia.

 

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan, dasar berdiri Apkasindo adalah mensejahterakan petani sawit. Melalui apkasindo diharapkan banyak hal yang bisa diperbuat agar petani sejahtera.
Pemerintah merasakan jatuh harga berpengaruh termasuk ke perekonomian.
Ia berharap pengurus yang baru dilantik dapat amanah dalam mengemban.


"Dengan pelantikan ini diharapkan pengurus dapat amanah menjalankan tugas. Pengurus ibarat payung, di bawah payung itu petani berlindung. Maka perjuangkan nasib petani kita," tutupnya. (h/mg-yes)

 

loading...
Reporter : YESI /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]