Rusuh di Jayapura, Perantau Minang Masih Aman


Kamis, 29 Agustus 2019 - 00:01:50 WIB
Rusuh di Jayapura, Perantau Minang Masih Aman Asap tampak mengepul dari kawasan pertokoan di Jayapura, Kamis (29/8). ANTARA

JAYAPURA, HARIANHALUAN.COM—Ketua DPW Ikatan Keluarga Minang (IKM) Papua, Zulhendri Sikumbang menyatakan warga asal Minang yang berada di Papua, dan khususnya Jayapura, dikabarkan dalam kondisi aman dan tidak ada yang menjadi korban fisik akibar aksi rusuh massa.

"Alhamdulillah sampai saat ini masih aman dan tidak ada yang terluka. Jadi, bagi seluruh masyarakat Minang yang ada keluarganya di Papua dan tidak bisa dihubungi, jangan takut. InsyaAllah sampai saat ini belum ada yang terdampak," kata Zulhendri, Kamis (29/8) melalui sambungan telfon.

Ia juga mengatakan, pada kejadian rusuh sepanjang Kamis , memang ada satu rumah makan yang dimiliki warga asal Minang yang terkena dampak. Saat terjadi kerusuhan, rumah makan yang dimaksud terkena lemparan batu sehingga beberapa kaca pecah berderai.

"Untuk sementara kita maksimalkan komunikasi seadanya, walau pun kadang memang sulit dihubungi. Tapi kami sudah memberikan imbauan untuk waspada dan menahan diri di dalam rumah, dan jangan terpancing oleh keadaan. Jangan sampai membayakan diri. Jangan sampai karena mempertahankan usaha, nyawa jadi korban," sebut Zulhendri yang bekerja di PT Freeport tersebut.

Zulhendri juga menyebutkan, bagi warga minang yang terdampak oleh kerusuhan tersebut akan diusahakan mendapatkan bantuan, sehingga ketika situasi kondusif warga yang unit usahanya terdampak oleh aksi rusuh massa, tetap dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala.

"Setidaknya ada 15.000 warga asal Minang yang tinggal di Papua. Semuanya di bawah koordinir IKM. Kami akan mengusahakan untuk memberikan bantuan sesegera mungkin," sebutnya lagi.

loading...
Reporter : MAL /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 13:02:36 WIB

    Rusuh! Keluarga Rebut Jenazah Positif Corona di Kuburan

    Rusuh! Keluarga Rebut Jenazah Positif Corona di Kuburan HARIANHALUAN.COM - Satu keluarga merebut jenazah positif corona di Batam, Kepulauan Riau. Kejadian itu terjadi saat jenazah mau dikuburkan di pemakaman..
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 00:27:22 WIB

    Kerusuhan Berdarah India, Zakir Naik Serukan Ulama Dunia Jihad

    Kerusuhan Berdarah India, Zakir Naik Serukan Ulama Dunia Jihad JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Protes menuntut amandemen undang-undang kewarganegaraan yang berujung pada tindakan rasisme di India menuai perhatian pengkhotbah Zakir Naik. Pengkhotbah asal India tersebut menyerukan para ulama d.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 17:46:46 WIB

    Begini Kronologi Kerusuhan di Rutan Kabanjahe

    Begini Kronologi Kerusuhan di Rutan Kabanjahe JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Sumatera Utara. Kerusuhan dipicu penolakan narapidana saat petugas melakukan razia narkoba di sel tahanan..
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 13:39:43 WIB

    Memanas..! Narapidana di Kabanjahe Sumut Rusuh, Rutan Dibakar

    Memanas..! Narapidana di Kabanjahe Sumut Rusuh, Rutan Dibakar KARO, HARIANHALUAN.COM -- Kericuhan pecah di Rutan Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara (Sumut). Narapidana dan tahanan yang ada di rutan itu dievakuasi..
  • Selasa, 19 November 2019 - 23:19:23 WIB

    Anggota DPD RI Alirman Sori Bentuk Pansus Kerusuhan Wamena

    Anggota DPD RI Alirman Sori Bentuk Pansus Kerusuhan Wamena Anggota DPD RI Alirman Sori Bentuk Pansus Kerusuhan Wamena PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan keluarga Pesisir Selatan (IKPP), Alirman Sori menyerahkan bantuan sebesar Rp85 juta kep.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]