Ribuan Warga Mengungsi, Hingga Dini Hari Kondisi Jayapura Mencekam


Jumat, 30 Agustus 2019 - 01:29:49 WIB
Ribuan Warga Mengungsi, Hingga Dini Hari  Kondisi Jayapura Mencekam Asap menjulang tinggi, massa melakukan pembakaran di kota Jayapura pada Kamis. ANT

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pascademo rusuh dan aksi anarkis Kamis siang tadi,  situasi di Kota Jayapura hingga  dini hari Jumat (30/8/2019) sekitar pukul 01.30 WIT, masih mencekam. 

Kini sudah ribuan warga mengungsi ke Markas TNI AL, di Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Mereka minta perlindungan di sana.

Ribuan warga yang mengungsi ke instalasi militer Markas TNI Angkatan Laut Hamadi karena ketakutan. Sebab, ribuan massa   masih bertahan di halaman kantor Gubernur dan dikhawatirkan adanya kerusuhan susulan. 

"Kondisi kami lagi trauma. Kami takut kalau massa balik dan melakukan pengerusakan dan penjarahan, hingga pembakaran. Itu yang buat kami mengungsi," kata seorang pria yang biasa di sapa Jojo  seperti dikutip dari kompas.com malam ini.

Jojo mengatakan, pengungsi kebanyakan anak-anak dan perempuan. Mereka minta perlinduyngan di sana.

Sedangkan yang lekali  bersiaga.  "Kita pria berjaga-jaga. Karena ini bukan lagi menyampaikan aspirasi. Mereka merusak dan membakar, bahkan melakukan penjarahan. Jadi kami bersatu," katanya. 
Dari pantauan Kompas.com, masih ada ribuan pendemo hingga malam hari masih bertahan di halaman kantor Gubernur Jalan Soa Siu Dok 2, Distrik Jayapura Utara.

Sebelumnya, pada Kamis siang ribuaan massa  kembali menggelar unjuk rasa, menyikapi dugaan tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.

 Unjuk rasa ribuan warga Papua itu berakhir rusuh dengan melakukan berbagai aksi perusakan dan pembakaran, serta melakukan penjarahan. (kc)

loading...
 Sumber : kompas.com /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]