Asyraf Mursalina: Tunggakan di BPJS Cabang Capai Rp39 miliar


Jumat, 30 Agustus 2019 - 22:00:30 WIB
Asyraf Mursalina: Tunggakan di BPJS Cabang Capai Rp39 miliar Asyraf Mursalina

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kepala BPJS Cabang Padang, Asyraf Mursalina menyebutkan, secara regulasi menaikkan iuran BPJS merupakan kewenangan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), bukan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) selaku operator penjaminan. DJSN sendiri memang dapat mengusulkan kenaikan iuran agar lebih layak dan sesuai keperluan penyelenggaraan jaminan. 

“Selama ini iuran itu besarannya jauh berada di bawah hitungan aktuaria ketimbang manfaat yang diperoleh peserta jaminan. Hal ini menjadi salah satu sebab defisit terjadi di BPJS Kesehatan. Untuk mengatasinya, salah satu opsinya dengan menyesuaikan jumlah iuran,” kata Asyraf, Kamis (29/8) kepada Haluan.

Untuk wilayah kerja BPJS Cabang Padang saja, sambung Asyraf, tunggakan iuran peserta BPJS mencapai Rp39 miliar. Jumlah itu meliputi tunggakan wilayah kerja Kota Padang, Pariaman, Padang Pariaman, Pessel, dan Kepulauan Mentawai, dan jumlah itu muncul saat jumlah iuran BPJS belum dinaikkan sebagaimana diusulkan akan naik dua kali lipat.

“Apakah dengan menaikkan iuran ini semakin membuat peserta keberatan dan makin menunggak. Pasti ada kekhawatiran seperti itu. Bukan hanya peserta yang khawatir, BPJS juga khawatir karena kami punya target kolektibilitas. Kita bicara iuran, bicara abillity to pay atau kemampuan masyarakat untuk membayar. Tapi kami yakin pemerintah memiliki pertimbangan yang cukup dalam keputusan nantinya," katanya lagi.

Namun demikian, Asyraf berharap bahwa apa pun keputusan yang kemudian ditetapkan pemerintah, akan berdampak menjadi semacam strategi atau kontigency plan untuk menjaga kolektibilitas BPJS terus terjaga sehingga pelayanan BPJS bisa terus dinikmati oleh para peserta jaminan atau masyarakat. (h/mg-yes)

loading...
Reporter : Yesi /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]