Dua Warga Bawa 10 Kg Ganja Terciduk,  Satu Orang Kabur


Jumat, 30 Agustus 2019 - 22:30:00 WIB
Dua Warga Bawa 10 Kg Ganja Terciduk,  Satu Orang Kabur Petugas Satresnarkoba Polres Pasaman, saat mengamankan tersangka di depan SPBU Kauman. IST

PASAMAN,HARIANHALUAN.COM--Dua warga Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, diciduk Satuan Reserse dan Narkoba (Satresnarkoba) Polres Pasaman, karena kepemilikan 10 Kg narkoba jenis ganja siap edar. Namun, seorang pelaku berhasil kabur dari sergapan petugas. 

Penangkapan kedua tersangka dilakukan ditempat terpisah, Kamis (29/8), sekitar pukul 22.45 Wib. Tersangka Adrian (19), warga Kampung Balai, Jorong Batu Badindiang Utara, Nagari Limo Koto, Bonjol ditangkap petugas disekitaran SPBU Kauman, tepatnya di Kubu Juar, Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur. 

Sementara rekannya, Zainal Abidin (50), warga kampung Padang Sarai, Jorong Batu Badindiang Selatan, Nagari Limo Koto, Bonjol ditangkap ditempat terpisah. Penangkapan otak pemesan 10 Kg ganja itu dilakukan setelah kasus ini dikembangkan petugas. 

"Tersangka Zainal kita amankan dipinggir jalan di Bonjol . Sepertinya dia, sedang menunggu pesanan (Ganja) datang. Dia, kita amankan bersama jajaran Polsek Bonjol," kata Kasat Resnarkoba Polres Pasaman, Iptu Syafril Munir kepada Haluan, Jumat (30/8).

Penangkapan terhadap pelaku Zainal, berdasarkan pengakuan dari tersangka Adrian yang diamankan oleh petugas sebelumnya. Dikatakan, bahwa dia yang memerintahkan mereka untuk menjemput barang haram itu ke Panyabungan, Madina, Sumut.

"Dari pengakuan tsk Adrian, bahwa yang menyuruhnya bersama tsk IMEL (DPO) menjemput narkotika jenis ganja kering itu ke Madina, adalah Zainal Abidin," ungkap Iptu Syafril Munir.

Satu orang tersangka, Imel masih dalam pengejaran petugas. Saat ini, tersangka yang juga warga Padang Sarai, Jorong Batu Badindiang Selatan, Nagari Limo Koto, Bonjol sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). 

"Saat dilakukan penangkapan bersama tsk Adrian, tsk Imel ini berhasil melarikan diri. Dia, sudah masuk DPO dan akan terus kami kejar. Sebab, identitas dan alamatnya sudah kita ketahui," ujar Iptu Syafril Munir. 

Rencana dari para tersangka, barang haram ini akan diedarkan di wilayah Bonjol, Pasaman. 

"Dari pengkuan tersangka, bahwa  ganja kering itu dibawa dari daerah Madina, Sumut. Yang rencananya akan diedar di Kecamatan Bonjol," katanya. 

Sejumlah barang bukti, kata dia, berhasil diamankan petugas dari tangan para tersangka. Selain 10 paket besar ganja kering yang dibalut dengan lakban warna coklat, juga diamankan satu unit sepeda motor Honda Revo bernopol BA 2623 DD, tas ransel dan 2 unit handphone. 

"Selanjutnya para tersangka dan barang bukti kita bawa ke Sat resnarkoba Polres Pasaman guna  penyidikan lebih lanjunt," ujarnya. (h/yud)

loading...
Reporter : YUDI /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]