Wapres Jusuf Kalla akan Serahkan Langsung Pemenang MEA II 2019


Sabtu, 31 Agustus 2019 - 16:04:28 WIB
Wapres Jusuf Kalla akan Serahkan Langsung Pemenang MEA II 2019

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil presiden (wapres) Jusuf Kalla, akan menyerahkan secara langsung hadiah kepada para pemenang ajang kompetisi berwirausaha bagi para mahasiswa di PTN/PTS, Minang Enterpreneurship Award (MEA) II, Rabu (3/9) mendatang.

Program MEA lahir atas inisiatif dan kesadaran kolektif dari perguruan tinggi Sumbar (Unand, UNP dan LLDIKTI Wilayah X), serta dukungan penuh dari wapres Jusuf Kalla.

Rektor Unand, Ganefri mengatakan, Wapres jadi inisiator dan mendukung secra penuh kegiatan yang diawali sejak 2017 ini.


"Atas semangat dan komitmen JK MEA akan bisa diwujudkan. JK berpandangan bahwa masyarakat Sumbar memiliki jiwa kewirausahaan yang cukup tinggi. Jk sangat tertarik dengan MEA ini karena beliau melihat historical masyarakat sumbar yg sudah memiliki jiwa-jiwa petarung dan wirausahawan.

Mudah-mudahan JK dapat melanjutkan walaupun beliau tidak lagi jadi wapres," kata dia.


Lebih lanjut Ganefri mengatakan, semula MEA ingin dijadikan iven tahunan, tapi mengingat kondisi jadi kegiatan 2 tahunan. 


Setelah MEA I sukses digelar di Padang, 2017 silam, kini jangkauannya diperluas hingga ke 5 provinsi di Sumatra.


Pada 2017, MEA I berhasil menjaring 216 proposal bisnis, terdiri dari kategori start-up 99 proposal dan eksiting bisnis sebanyak 45 proposal atas partisipasi 6 PTN dan 13 PTS di Sumbar. 


Sedangkan pada MEA II di tahun 2019 ini cakupannya diperluas untuk Perguruan Tinggi (PT) di Sumbar Riau, Jambi, Kepri dan Bengkulu. Total 37 PT yang terdiri dari 11 PTN/26PTS turut berpartisipasi dan terkumpul sebanyak 259 proposal. Melalui proses evaluasi terseleksi sebanyak 46 eksisting bisnis dan 160 start up bisnis.


Perkembangan MEA, dijelaskan Ganefri yang awalnya hanya PT di sumbar, MEA II kali ini melibatkan perguruan tinggi di wilayah X.


"Jumlah peminat yg ikut di MEA meningkat," tuturnya.

Di era 4.0 waktu cepat, melalui kegiatan MEA II diharapkan merubah mindset mahasiswa yg muncul jiwa enterpreneur mahasiswa. 


"Mudah-mudahan iven ini melahirkan calon-calon pengusaha muda. Karena mahasiswa merupakan calon-calon generasi penerus yang akan membangun bangsa ini, dan menjadikan Sumbar semakin baik kedepan" kata nya lagi. (*)

Reporter : Yesi /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 07:17:57 WIB

    Wapres Sebut Indonesia hanya Sibuk Jadi Tukang Stempel Halal

    Wapres Sebut Indonesia hanya Sibuk Jadi Tukang Stempel Halal HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden RI Maruf Amin mengatakan, setidaknya ada empat hal yang harus mendapat perhatian untuk mempercepat pembangunan ekonomi syariah di Indonesia, baik dari Pemerintah, pelaku usaha, pihak swasta m.
  • Selasa, 09 Juni 2020 - 12:13:47 WIB

    Wapres Sebut Pesantren Lebih Aman daripada Sekolah Umum saat New Normal

    Wapres Sebut Pesantren Lebih Aman daripada Sekolah Umum saat New Normal HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden Indonesia Maruf Amin mengatakan pesantren lebih aman dibuka ketimbang sekolah umum saat era normal baru. Sebab, para santri pesantren tinggal di asrama dan kondisi itu membuat mereka tak bany.
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 22:50:00 WIB

    Melalui Wapres, Pemerintah pun Minta Maaf dan Akui Sulit Hadapi Corona

    Melalui Wapres, Pemerintah pun Minta Maaf dan Akui Sulit Hadapi Corona HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena virus corona (Covid-19) belum hilang sampai saat ini. Ma'ruf mengakui bahwa virus corona bukan sesuatu yan.
  • Senin, 27 April 2020 - 07:59:38 WIB

    Wapres: Puasa Tidak Hanya Tahan Haus dan Lapar, Tapi..

    Wapres: Puasa Tidak Hanya Tahan Haus dan Lapar, Tapi.. JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak masyarakat bersabar dan tawakal menjalani ibadah puasa di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Kiai Ma'ruf mengatakan puasa di tengah wabah virus Covi.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 15:23:39 WIB

    Hmm, Wapres Desak MUI Haramkan Mudik

    Hmm, Wapres Desak MUI Haramkan Mudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Penyebaran virus corona di Indonesia masih merajalela, salahsatu cara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini adalah dengan melakukan aktivitas di dalam rumah, sesuai dengan himbauan ya.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]