Anggota DPR Ditetapkan, 13 Artis Lolos ke Senayan


Sabtu, 31 Agustus 2019 - 18:29:27 WIB
Anggota DPR Ditetapkan, 13 Artis Lolos ke Senayan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 575 calon anggota DPR RI terpilih pada Sabtu (31/8). Sebanyak 13 orang di antaranya adalah tokoh yang lebih dulu dikenal dalam dunia hiburan atau selebritas.

Para selebritas yang ditetapkan KPU RI sebagai wakil rakyat di DPR RI itu terdiri dari pendatang baru dan yang sudah lebih dulu menjadi anggota dewan periode sebelumnya.

Artis pendatang baru di Senayan itu terdiri dari, pertama, Tommy Kurniawan, aktor yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V dengan perolehan 33.988 suara.


Kedua, Krisdayanti. Pelantun lagu 'Mencintaimu' ini diusung PDIP di Daerah Pemilihan Jawa Timur V dan mendapat 132.131 suara.

Ketiga, Muhammad Farhan, pembawa acara sekaligus penyiar radio yang diusung oleh Partai NasDem untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat I dengan perolehan 52.033 suara.

Sementara, artis yang sudah lebih dulu malang melintang di dunia politik antara lain, pertama, Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, anggota grup komedi Patrio yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Daerah Pemilihan DKI Jakarta I. Di Pileg 2019 dia memperoleh 104.564 suara.

Kedua, Desy Ratnasari. Dia merupakan aktris sekaligus penyanyi yang diusung oleh PAN untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat IV. Pleantun lagu 'Tenda Biru' ini mendapat 86.450 suara di Pileg 2019.

Ketiga, Dede Yusuf Macan Effendi atau Dede Yusuf, kader Partai Demokrat yang ikut kontestasi Pileg 2019 dari Daerah Pemilihan Jawa Barat II dan memperoleh 165.182 suara.

Keempat, Primus Yustisio, aktor sinetron 'Panji Manusia Millenium' itu masuk DPR dengan diusung oleh PAN di Daerah Pemilihan Jawa Barat V dan mendapat 86.983 suara.

Kelima, Rieke Diah Pitaloka. Diusung PDIP, pemeran Oneng dalam 'Bajaj bajuri' ini masuk Senayan dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VII dengan perolehan 169.729 suara.

Keenam, Arzetty Bilbina, mantan model sekaligus aktris yang diusung PKB. 'Nyaleg' dari Dapil Jawa Timur I, dia meraih capaian 53.185 suara.
Kedelapan, Rano Karno, aktor sinetron dan film "Si Doel Anak Sekolahan" yang diusung PDIP. Mantan Gubernur Banten ini lolos ke DPR dari Dapil Banten III dengan perolehan suara 274.294.

Kesembilan, Nurul Arifin. Pemeran Kirana dalam film Naga Bonar (1986) ini kembali lolos ke Senayan dengan diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dari Dapil Jawa Barat I dengan perolehan 35.713 suara.

Kesepuluh, Rachel Maryam Sayidina, kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini meraih 145.636 suara di Daerah Pemilihan Jawa Barat II.

Kesebelas, Nico BP Siahaan alias Nico Siahaan. Eks presenter kuis Kata Berkait di RCTI ini masuk kembali ke Senayan diusung oleh PDIP dari Dapil Jabar I dengan capaian 69.237 suara.

Selain 13 selebriti tersebut, atlet cabang olahraga catur Utut Adianto juga kembali melenggang ke parlemen. Utut diusung oleh PDIP untuk Daerah Pemilihan Jawa Tengah dengan perolehan suara 89.902. (h/cnn)


 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 November 2019 - 17:49:08 WIB

    Anggota Komisi II DPR Sebut Ada Industri Jual Suara di Pilkada

    Anggota Komisi II DPR Sebut Ada Industri Jual Suara di Pilkada JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi II DPR Fraksi NasDem Lestari Moerdijat mengaku setuju dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang ingin evaluasi pilkada langsung. Sistem pilkada langsung disebut perl.
  • Kamis, 07 November 2019 - 22:03:20 WIB
    Lima Cakada sudah Daftar ke PAN Pasaman

    Anggota Dewan Ini Diantarkan Wartawan Mendaftar Jadi Cakada Pasaman

    Anggota Dewan Ini Diantarkan Wartawan Mendaftar Jadi Cakada Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak lima bakal calon kepala daerah mendaftar ke Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pasaman, di hari keempat dibukanya pendaftaran di partai matahari terbit itu, Kamis (7/11)..
  • Selasa, 05 November 2019 - 13:58:57 WIB

    Aturan Belum Berubah, Ternyata Anggota Legislatif yang Maju ke Pilkada Tetap Harus Mundur

    Aturan Belum Berubah, Ternyata Anggota Legislatif  yang Maju ke Pilkada Tetap Harus Mundur JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Menanggapi informasi bahwa anggota DPR, DPD, dan DPRD yang maju dalam Pilkada 2020 tidak perlu mundur,  tetapi cukup cuti, anggota DPR RI Asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar II Guspardi Gaus telah.
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:32:54 WIB

    Cukong dan Parpol Disebut Sebagai Tuannya Anggota DPR

    Cukong dan Parpol Disebut Sebagai Tuannya Anggota DPR JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago sebagai mantan anggota DPR RI menyebut lembaga legislatif masih bersikap sebagai kepanjangan tangan partai politik. Irma bahkan mengatakan pada dasarnya.
  • Sabtu, 21 September 2019 - 17:49:29 WIB

    Digantikan Mulan dkk Jadi Anggota DPR, Caleg-caleg Gerindra Melawan!

    Digantikan Mulan dkk Jadi Anggota DPR, Caleg-caleg Gerindra Melawan! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Empat caleg Partai Gerindra melawan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai. Mereka melawan Gerindra karena diganti dengan caleg lainnya untuk kemudian ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) jadi anggot.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM