Jaga Stabilitas Harga Sembako, Dispakan Tanah Datar Luncurkan TTIC


Ahad, 01 September 2019 - 16:22:17 WIB
Jaga Stabilitas Harga Sembako, Dispakan Tanah Datar Luncurkan TTIC PELUNCURAN TTIC - Kadis Pakan Tanah Datar, Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro bernyanyi dihadapan pengunjung TTIC usai agenda inti. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Setelah sukses meluncurkan program barunya mendirikan Pemasaran Ikan Segar dan Aman (Pekan Segara) pada pertengahan Agustus lalu, kini Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar kembali meluncurkan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Pagaruyung, Jumat (30/8).

 

Peluncuran TTIC tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Zuldafri Dharma yang dihadiri Forkopimda, Sekda, Kepala Dinas Pangan Sumbar, Kepala OPD Tanah Datar serta pengurus dan anggota kelompok tani.

Wabup Zuldafri Darma saat itu apresiasi program yang diluncurkan oleh Dispakan di tengah tingginya harga kebutuhan Sembako.

"Semoga TTIC ini mampu menekan harga Sembako di pasaran sehingga masyarakat tidak berat mendapatkan kebutuhannya. Saat ini harga pangan kurang stabil dan kurang terjangkau oleh masyarakat, semoga kedepan harga itu stabil dan turun dari biasa," ujarnya.

Kepala Dispakan Tanah Datar, Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro menyebutkan, TTIC untuk menekan inflasi dalam antisipasi harga pangan yang fluktuasi dengan menyediakan bahan pangan dengan harga murah sesuai harga produsen.

"Kita harus mampu menyediakan bahan pangan berkualitas dan aman yang terjangkau masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan kemudahan memperoleh bahan pangan di Tanah Datar, ini salah satu fungsi kita di Dispakan," ujar Daryanto

Disebutkannya, Pekan Segara yang telah berlangsung selama dua minggu juga diminati masyarakat karena kelompok tani yang mengelola penjualan ikan tersebut hanya menjual Rp25 ribu perkilo sedangkan di pasaran Rp36 ribu.

"Pekan Segara kita sediakan tempat tanpa dipungut biaya, pelaksananya para kelompok tani, ikannya milik mereka dan dari penjualannya pun mendapatkan keuntungan, kita telah menghitung berapa biaya produksi ikan itu dan berapa harga maksimalnya," katanya.

Program TTIC tersebut pertama di kabupaten/kota di Sumbar setelah dilakukan Dinas Pangan provinsi. (h/fma)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]