Rumah Gadang Suku Panai Dt Tanbaso Solsel Dipugar dengan Swadaya


Ahad, 01 September 2019 - 16:24:00 WIB
Rumah Gadang Suku Panai Dt Tanbaso Solsel Dipugar dengan Swadaya RUMAH Gadang milik kaum Panai Dt.Tanbaso di Bentiang, Nagari Bomas Koto Baru dipugar, Minggu (1/9). JEFLI

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Rumah Gadang suku Panai kaum Bakri Dt.Tanbaso dipugar secara swadaya oleh anggota kaum tersebut. Pemugaran dilakukan karena kondisi Rumah Gadang itu sudah tidak bisa dihuni lagi, berlokasi di Jorong Bentiang, Nagari Bomas Koto Baru, Solok Selatan (Solsel).

 

Prihatin dengan kondisi Rumah Gadang yang sudah tidak terawat lagi, sehingga timbul inisiatif dari para Ninik mamak, anak kemenakan serta para urang sumando dari kaum Bakri Dt.Tanbaso melakukan pemugaran pada Minggu (1/9).

 

"Atas dasar kepedulian untuk merawat tradisi dan menjaga Marwah kaum sehingga dari kesepakatan bersama, melalui beberapa kali pertemuan bersama anggota kaum. Maka, didapatkan kesepakatan untuk melakukan pemugaran Rumah Gadang kaum kami secara swadaya," ucap Bakri Dt.Tanbaso.

 

Proses pemugaran, dimulai dengan penggalangan dana, sampai secara swadaya melakukan pembangunan secara bergotong- royong. "Alhamdulillah, dari hasil penggalangan dana bersama anak kemenakan terkumpul Rp180 juta. Ini merupakan dana awal semoga saja bisa cukup hingga selesai. Kalaupun tidak cukup, akan dicarikan solusi lainnya nanti," ucapnya.

 

Kentalnya nilai kekerabatan dan adat masih begitu terasa. Persatuan masing-masing kaum adat di Solsel hendaknya tetap terawat dan lestari, sebagai landasan untuk generasi penerus nantinya.

 

Sementara, Azwir selaku tokoh Ninik mamak dari suku Panai kaum Bakri Dt.Tanbaso menyebutkan kekerabatan dan solidaritas kaum kedepannya bisa tetap dipertahankan. "Ini merupakan upaya untuk membangkitkan kembali nilai-nilai kekuatan adat. Semoga bisa berestafet hingga generasi selanjutnya. Untuk anak cucu kami," katanya.

 

Ia mengatakan betapa besar jasa dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh nenek moyang terdahulu. "Nah, melalui merawat adat budaya ini salah satu upaya kami sebagai generasi penerus untuk mempertahankannya. Tidak sebanding berat perjuangan leluhur untuk kami anak cucunya. Dan terimakasih atas solidnya anggota kaum yang telah bersedia secara swadaya membangun kembali Rumah Gadang kaum. Semoga proses ini bisa berjalan baik sampai selesainya pembangunan," harapan Azwir. (h/jef)

 

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 18:35:42 WIB

    Pemdes Tungkal Selatan Kembali Ajukan Perbaikan Rumah MBR

    Pemdes Tungkal Selatan Kembali Ajukan Perbaikan Rumah MBR PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Desa (Pemdes) Tungkal Selatan akan mengajukan lagi perbaikan rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2020, setelah .
  • Kamis, 29 Agustus 2019 - 17:00:50 WIB

    50 Kota Anggarkan Rp21,2 M untuk Rehab Rumah Warga Tak Mampu

    50 Kota Anggarkan Rp21,2 M untuk Rehab Rumah Warga Tak Mampu LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Tahun ini pemerintah kembali menggelontorkan anggaran yang luar biasa untuk rumah bantuan bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Limapuluh Kota. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, mencapai.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]