Diduga  Pihak Asing Turut Memprovokasi Kerusuhan  di Papua


Ahad, 01 September 2019 - 21:55:32 WIB
Diduga  Pihak Asing Turut Memprovokasi Kerusuhan  di Papua Sejumlah bangunan terbakar di Papua beberapa waktu lalu. (dok.cnni)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pihak asing diduga kuat ikut terlibat dalam upaya provokasi di kerusuhan Papua dan Papua Barat. 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan pihaknya akan terus bekerja sama dengan lembaga terkait untuk menangani permasalahan itu.

"Ada (kaitannya dengan pihak asing) tapi ini kan penanganannya harus komprehensif. Polri tentunya akan koordinasi dengan Kemlu, dengan lembaga dan kementerian," kata Iqbal , Minggu (1/9), seperti dikutip dsri cnnindonesia.com..

Iqbal menjelaskan kepolisian dan kementerian, serta lembaga terkait kini sedang berupaya memetakan penyebab dan siapa saja yang terlibat dalam peristiwa kerusuhan tersebut.


Ia menyebut diplomasi antar negara menjadi prioritas utama untuk menjamin keamanan masyarakat.

"Sebenarnya kelompok-kelompok lokal yang diduga ada kaitannya dengan kerusuhan ter-connect dengan beberapa pihak luar. Ini sedang kami petakan," jelasnya.

Ia mengatakan belum bisa membeberkan siapa dan dari negara mana pihak asing yang terlibat itu.

 Ia juga meminta agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Kalau misalnya terbukti secara hukum tentunya akan ditegakkan secara hukum," ucap dia.

loading...
 Sumber : CNNI /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 September 2020 - 13:58:50 WIB

    Diduga Ada Unsur Pidana Kebakaran Gedung Kejagung

    Diduga Ada Unsur Pidana Kebakaran Gedung Kejagung HARIANHALUAN.COM-Penanganan kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung naik dari penyelidikan ke penyidikan karena ada dugaan pidana dalam peristiwa tersebut..
  • Rabu, 16 September 2020 - 14:03:23 WIB

    Tabrak Polwan Hingga Tewas, Wabup Yalimo Diduga Mabuk

    Tabrak Polwan Hingga Tewas, Wabup Yalimo Diduga Mabuk HARIANHALUAN.COM-Pihak kepolisian membenarkan bahwa pengemudi yang menabrak seorang Polwan hingga tewas,  almarhum Bripka Polwan Christin Batfeni (36 tahun),  adalah ED (31 tahun)  Wakil Bupati Yalimo..
  • Rabu, 16 September 2020 - 10:07:29 WIB

    Seorang Polwan di Papua Meninggal Ditabrak Minibus Diduga Milik Wakil Bupati

    Seorang Polwan di Papua Meninggal Ditabrak Minibus Diduga Milik Wakil Bupati HARIANHALUAN.COM - Bripka Polwan Christin Batfeny, anggota Propam Polda Papua, Rabu (16/9/2020) tewas menggenaskan akibat ditabrak minibus saat menuju ke kantornya di Jayapura..
  • Kamis, 10 September 2020 - 12:39:12 WIB

    Duh, Ko Ahan Diduga Tembak Perahu Nelayan

    Duh, Ko Ahan Diduga Tembak Perahu Nelayan HARIANHALUAN.COM-Krakatau Shooting Club (KSC) binaaan Perbakin Lampung, mendesak Polda Lampung untuk segera menyita seluruh senjata api milik Ko Ahan yang tercatat di Pengprov Perbakin..
  • Rabu, 09 September 2020 - 20:01:10 WIB

    Pasien Covid-19 Tewas Usai Lompat dari Tower 6, Diduga Bunuh Diri

    Pasien Covid-19 Tewas Usai Lompat dari Tower 6, Diduga Bunuh Diri HARIANHALUAN.COM - Seorang pasien COVID-19 yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, nekat bunuh diri dengan melonpat dari tower 6. Akibatnya, pasien tersebut tewas..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]