Abrasi Pantai Mengancam, Nelayan Sasak Tak Bisa Melaut


Ahad, 01 September 2019 - 22:18:41 WIB
Abrasi Pantai Mengancam, Nelayan Sasak Tak Bisa Melaut Abrasi yang terus menggerus pantai Sasak. OSNIWATI

PASBAR,HARIANHALUAN.COM---Sepanjang satu kilometer terjadi abrasi di sekitar bibir muara pantai Maligi, Kenagarian Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia. Akibat kondisi tersebut, hampir satu bulan nelayan di wilayah tersebut tidak bisa melaut. 

"Akibat itu, sejumlah rumah penduduk pun mulai terancam, lantaran bibir muara yang kian mendekat," kata Sekretaris Nagari Persiapan Endrian.

Dijelaskan, kayu hutan yang ada di sepanjang pantai sebagai penyangga tidak bisa menahan gelombang tinggi yang terjadi, sehingga abrasi pantai tidak bisa dielakkan.

Sedangkan saat ini, pohon penyangga seperti payau atau mangrove sudah sangat jauh berkurang.

"Akibat abrasi itu juga, membuat pendangkalan di bibir muara, sehingga perahu para nelayan tidak bisa melalui muara untuk melaut. Masyarakat sekitar hampir satu bulan tidak bisa melaut," ungkapnya.

Warga hanya bisa berdiam dirumah saja dan pasrah hingga keadaan membaik seperti sedia kala, tambah  Edrian. Namun dia mengimbau, agar warga jangan mendekat ke bibir pantai yang sudah terkikis karena sangat membahayakan.

Disamping itu, tempat perahu nelayan untuk berlabuh pun sudah sangat dekat dengan muara. Tentu jika terjadi gelombang pasang atau terjadi banjir dari hulu sungai, membuat kekhawatiran masyarakat meningkat dan bisa menimbulkan kerugian besar untuk warga.
"Kapal nelayan akan rusak akibat diterjang gelombang pasang. Bisa menimbulkan kerugian jutaan rupiah,"kata Edrian. 

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Eka menyampaikan sudah sekitar satu bulan keadaan gelombang tinggi tersebut terjadi. Menurutnya hal ini dampak dari angin selatan yang begitu besar.

Dahulu, bibir muara pantai maligi cuma berdiameter 100 meter. Namun sekarang hampir berdiameter satu kilometer persegi. Dengan bergesernya bibir muara, terlihat kondisi ini sangat berbeda dengan sepuluh tahun yang lalu.

"Kami berharap perhatian dari pemerintah daerah dan pihak terkait agar membantu kami untuk menimalisir keadaan yang terjadi di Maligi ini. Sebab sebagaian dari warga kampung Maligi ini menggantung kan hidup dari hasil laut," harap Eka. (h/ows)

Reporter : OSNIWATI /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 18:11:49 WIB

    Tinjau Abrasi Nagari Api-api Pessel, Audy Joinaldy Bantu 600 Karung Penahan Ombak

    Tinjau Abrasi Nagari Api-api Pessel, Audy Joinaldy Bantu 600 Karung Penahan Ombak HARIANHALUAN.COM -- Abrasi pantai yang terjadi di Nagari Api-api Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada Jumat, 22 Mei 2020 lalu, mendapat perhatia serius dari Pengusaha muda berdarah Minang, Dr .
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 16:09:37 WIB

    Cegah Abrasi Pantai, Polres Pessel Tanam 3.000 Pohon Mangrove

    Cegah Abrasi Pantai, Polres Pessel Tanam 3.000 Pohon Mangrove PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval S.IK  bersama Forkompinda Pessel melakukan penghijauan secara simbolis sebanyak 3.000 batang pohon mangrove (bakau) di Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pes.
  • Senin, 07 Oktober 2019 - 21:49:51 WIB

    Atasi Abrasi Pantai Muaro, Pemkab Pessel Segera Bangun Penahan Ombak

    Atasi Abrasi Pantai Muaro, Pemkab Pessel Segera Bangun Penahan Ombak PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) mengusulkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk pembangunan batu penahan ombak di Dusun Muaro, Kecamatan Batangka.
  • Rabu, 02 Oktober 2019 - 17:10:39 WIB

    Korban Abrasi Batang Kapas Terima Bantuan

    Korban Abrasi Batang Kapas Terima Bantuan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Pessel mendistribusikan 500 kilogram beras dan sembako untuk 38 Kepala Keluarga (KK) korban musibah abrasi pantai di Muaro Batang Kapas Pessel. Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas S.
  • Senin, 22 Agustus 2016 - 21:05:29 WIB

    Nagari Sasak Kembali Jadi Sasaran Abrasi

    PASBAR,HALUAN – Pantai Sasak, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat kembali jadi sasaran abrasi. Ada 10 rumah dan satu rumah ibadah, yakni Musala Nurul Ikhlas, di Jorong Pondok, Nagari Sasak, Kecamatan Ranah Pasisie, dile.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]