Payakumbuh Dapat Tambahan Dana Rp3 M dari Pemprov Sumbar untuk Normalisasi Batang Agam


Senin, 02 September 2019 - 16:43:24 WIB
Payakumbuh Dapat Tambahan Dana Rp3 M dari Pemprov Sumbar untuk Normalisasi Batang Agam Pembangunan prasarana dan perkuatan tebing Batang Agam tepatnya dari Jembatan Jalan Pacuan Labuah Baru menuju arah Balai Kaliki, Payakumbuh Utara. ARIE
PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan Normalisasi Batang Agam di Kota Payakumbuh mendapatkan tambahan dana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar sebesar lebih kurang Rp 3 milyar. Dana tersebut ditujukan untuk pembangunan prasarana dan perkuatan tebing Batang Agam tepatnya dari Jembatan Jalan Pacuan Labuah Baru menuju arah Balai Kaliki.
 
"Iya, sebesar Rp 3 M dari Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sumbar. Sekarang sudah tahap pengerjaan," ujar Kepala Dinas PUPR Payakumbuh, Muslim, Senin (2/9).
 
Menurut Muslim, pembangunan yang dilaksanakan sepanjang lebih kurang 150 meter di sisi kiri dan kanan Batang Agam itu, targetnya bukan sekedar perkuatan tebing dan pembangunan jalan inspeksi. "Tapi juga menata sepanjang Batang Agam termasuk pembuatan ruang terbuka hijau yang berfungsi sebagai tempat wisata dan kegiatan olahraga," tuturnya.
 
Selain dana sebesar Rp 3 M tersebut, Payakumbuh juga mendapatkan dana pembangunan lainnya yang bersumber dari APBD Provinsi Sumbar 2019. Antara lain Pembangunan drainase dan pedestrian di Jalan Ahmad Yani sebesar Rp 2,4 M.
 
"Untuk saluran dan trotoar serta penataan lampu jalan dari jembatan Ibuh arah ke pasar, rehab 4 saluran irigasi sebesar Rp 1 M dengan tujuan memperbaiki saluran irigasi yang rusak sehingga kehilangan air bisa diatasi," kata Muslim.
 
Sementara itu, salah satu warga Balai Kaliki Rosmana (40) menyambut baik pembangunan tersebut. Menurutnya, suasana di tempat tersebut menjadi lebih lapang apalagi sebelumnya sudah ada jembatan Balai Kaliki-Ranah yang dibangun Pemko. 
 
"Kalau jalan inspeksinya sudah jadi, jalan ke pasar Ibuah juga jadi lebih dekat. Tak perlu mutar lagi ke arah rumah sakit," ucapnya. (h/mg-ari)

loading...
Reporter : Arie Alfikri /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]