Lima Pelaku Curanmor di Bawah Umur Ditangkap


Selasa, 03 September 2019 - 12:24:47 WIB
Lima Pelaku Curanmor di Bawah Umur Ditangkap KAPOLRES Dharmasraya, AKBP. Imran Amir, S.I.K.,M.H didampingi Kasat Reskrim Polres Dharmasraya AKP Suyanto,S.H, memperlihatkan barang bukti tiga sepeda motor yang berhasil disita, saat melakukan jumpa pers, di Mapolres setempat. MARYADI

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dalam 3 hari, Tim Ops Jaran Singgalang 2019 Polres Dharmasraya berhasil mengamankan 3 unit sepeda motor hasil tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang didapatkan dari penangkapan 8 tersangka. Lima diantaranya masih di bawah umur.

Kapolres Dharmasraya AKBP. Imran Amir, S.I.K.,M.H didampingi Kabag Ops Kompol Rifai, Kasat Reskrim Polres Dharmasraya AKP Suyanto,S.H, Kanit Reskrim Polsek Pulau Punjung, Ipda Welli Wahyudi dalam Press Conference, Senin (02/09), menyebutkan, pengungkapan 4 kasus curanmor tidak telepas dari kerja sama dan laporan masyarakat.

"Ada 4 laporan masyarakat yang masuk ke polsek terkait kasus curanmor dan dalam penyelidikan berhasil mengamankan 8 pelaku yang 5 diantaranya masih dibawah umur," ujar Kapolres Dharmasraya, AKBP. Imran Amir, S.I.K.,M.H saat press conference di Mapolres Dharmasraya, Senin (2/9).

Kapolres AKBP Imran Amir mengatakan, dari pengungkapan kasus itu, pihaknya telah mengungkap sebanyak 4 kasus dengan 8 orang tersangka. Para tersangka terlibat beberapa kasus seperti curanmor, di wilayah hukum Polres Dharmasraya. Khusus curanmor, pelaku beraksi di berbagai tempat diantaranya Pulau Punjung, Sungai Rumbai termasuk juga di kawasan RSUD Sungai Dareh.

"Pelaku beraksi dengan menggunakan kunci letter T untuk membobol sepeda motor yang sedang terparkir dan ada juga yang memanjat loteng rumah dan mengeluarkan sepeda motor. Para pelaku tindak pidana curanmor ini rata-rata menjual hasil curiannya di luar Dharmasraya, diantaranya seperti ke Kabupaten Sijunjung, Solok hingga Kota Padang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dari 8 tersangka yang berhasil diamankan 5 diantaranya masih dibawah umur dan yang dipimpin oleh Muhammad Rehan Pandona (16) di TKP Jorong Taratak Nagari IV Koto Pulau Punjung Kecamatan Pulau Punjung yang dalam aksinya dibantu oleh 2 rekannya M Refan Habibullah (16) dan Rf (16) masih dalam pencarian bertugas mengawasi rumah warga yang sedang kosong.

"Dua rekan Rehan bertugas mengawasi rumah warga yang kosong, dan Tersangka mwmasuki rumah dengan cara merusak ventilasi dan mengambil sepeda motor yamgb kunci masih tergantung di motor tersebut," jelas Kapolres Dharmasraya AKBP. Imran Amir, S.I.K.,M.H didampingi Kasat Reskrim Polres Dharmasraya AKP Suyanto,S.H, Kanit Reskrim Polsek Pulau Punjung, Ipda Welli Wahyudi.

Penangkapan 8 tersangka sambungnya, berawal berdasarkan laporan masyarakat nomor LP 13/K/II/2019. Jajaran Satreskrim Polres Dharmasraya terus melakukan penyelidikan serta pengintaian terhadap pelaku Basri Andi alias Andi Campus (27) dan berhasil diamankan pada (29/8) pada pukul 18.30 WIB dan setelah dilakukan pengembangan diketahui bahwa Andi Campus beraksi bersama rekannya.

Dan ia mengimbau bagi warga Dharmasraya agar segera melapor jika ada yang menjadi korban pencurian atau langsung mendatangi Mapolres Dharmasraya. (h/mdi)

loading...
Reporter : Maryadi /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]