Kasus Sabu, Anggi Divonis 6 Tahun Penjara


Selasa, 03 September 2019 - 17:57:54 WIB
Kasus Sabu, Anggi Divonis 6 Tahun Penjara TERDAKWA Anggi tertunduk saat majelis hakim menjatuhkan vonis bersalah kepadanya. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Hakim Pengadilan Negeri Batusangkar menggelar sidang putusan perkara tindak pidana penyalahgunaan narkotika terhadap terdakwa Anggi Siswandri alias Potoi, warga Tabek Boto, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Selasa (3/9) di ruang sidang utama Pengadilan setempat.

 

Dalam sidang ini, hakim memutuskan terdakwa bersalah melawan hukum dan melanggar pasal 114 ayat (1) Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Pada persidangan yang dipimpin hakim ketua, Radius Chandra dengan anggota Hasnul Fuad dan Amir El Hafidh serta panitera pengganti Syahrial Sadar, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dida Regia Rumenta, menyatakan terdakwa Anggi alias Potoi terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak dan melawan hukum menjual narkotika golongan satu bukan tanaman jenis sabu-sabu.

 

Pada persidangan akhir itu terdakwa terlihat santun dan menerima vonis yang dijatuhkan hakim yaitu pidana penjara selama enam tahun dan denda sebesar Rp1miliar subsider tiga bulan penjara.

Hakim juga menetapkan masa penangkapan dan masa penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangi seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan, vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan JPU yaitu selama tujuh tahun penjara.

 

Terdakwa Anggi didampingi pengacaranya diantaranya Yonefit Albasri, Desneri, Lora Juita dan Mustafa Akmal usai pembacaan vonis menyatakan menerima hasil putusan tersebut.

"Klien kami ditangkap 12 Mei lalu tertangkap tangan menyimpan dan memiliki narkotika sebanyak tujuh paket. Dalam persidangan ia terbukti sebagai penjual namun ia menyadari kesalahannya dan Anggi sebelumnya belum pernah menjalani hukuman. Alhamdulillah, vonis lebih rendah dari tuntutan JPU," ujar Yonefit Albasri didampingi Mustafa Akmal dan Lora Juita usai sidang tersebut di Pengadilan Negeri Batusangkar.

 

Barang bukti yang memberatkan terdakwa tersebut yang dirampas dan untuk dimusnahkan diantaranya tujuh paket narkotika jenis sabu-sabu, satu timbangan digital, satu bungkus plastik bening, satu handphone merk samsung warna hitam, satu set alat hisap/bong, satu kotak rokok surya, satu mancis, satu buah dompet, satu buah sendok dan pipet dan satu buah tas sandang merk polo warna hitam. (h/fma)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]