Wapres JK: Kampus Dituntut Ciptakan Lulusan Bisa Jadi Wirausahawan


Rabu, 04 September 2019 - 01:08:52 WIB
Wapres JK: Kampus Dituntut Ciptakan Lulusan Bisa Jadi Wirausahawan Wapres Jusuf Kalla didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menghadiri penyerahan pemenang MEA II 2019 di Auditorium UNP, Selasa (3/9). DANI

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Universitas di Indonesia menghasilkan 900.000 lulusan Sarjana (S1) setiap tahun. Namun yang bisa diserap untuk bekerja pada sektor formal hanya 50.000 orang lebih. Belajar dari hal ini lulusan perguruan tinggi mesti menyiapkan diri untuk menjadi wirausahawan, bukan pegawai negeri sipil (PNS).

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, saat menghadiri Minang Entrepreneurship Award (MEA) ll tahun 2018/2019 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) Selasa (3/9). JK mengatakan, dalam konsep negara maju yang mesti diperbanyak itu adalah pengusaha bukan pegawai.

Para pengusaha, lanjutnya, memberikan kontribusi terhadap pemasukan melalui sektor pajak, dengan hal ini poros perekonomian terus bergerak dan memajukan suatu bangsa.

Untuk sistem pemerintah, negara tengah melakukan perampingan tenaga administrasi. Hal tersebut dilakukan seiring kemajuan teknologi dimana tenaga yang akan bergerak pada sektor riill akan dilakukan penambahan seperti guru dan perawat karena bersentuhan langsung terhdap sosial kemasyarakatan.

Dengan kemajuan teknologi inovasi bisa dilakukan untuk mendapatkan kemudahan dalam berwirausaha, untuk saat ini, untuk berjualan tidak mesti memiliki toko, produk yang dimiliki bisa dipasarkan melalui media sosial.

"Untuk memulai usaha perlu dilakukan praktik dalam jangka waktu tertentu karena akan melewati sejumlah proses untuk menuju apa yang diinginkan. Hendaknya, memulai bisnis saat masa muda maka setiap perjalanan yang dilaluai menjadi sebuah pelajaran untuk kemajuan usaha," katanya.

Seperti Minang Entrepreneur Award (MEA) ini. Yang nantinya akan mencetak pengusaha-pengusaha muda dari Ranah Minang tentunya. "Karena tidak ada negara maju di dunia ini karena pegawai, suatu negara maju jika banyak pengusaha yang kreatif ," katanya.

Rektor universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, mengatakan, program MEA muncul atas inisiatif dan kesadaran kolektif dan Perguruan Tinggi Sumbar yang terdiri dari UNP, Universitas Andalas (Unand) dan perguruan tinggi di bawah LLDikti Wilayah X.

MEA diselenggarakan juga dengan tujuan untuk mendorong mahasiswa PTN dan PTS untuk mulai berani memulai dan memupuk jiwa wirausaha.

"Melalui pengembangan karakter pengetahuan, keterampilan serta pemanfaatan hasil riset dan teknologi di Perguruan Tinggi, mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausaha yang kreatif dan inovatif, sehingga dapat membuka banyak lapangan kerja di Indonesia," katanya.

Ganefri menyebutkan, penyelenggaraan penganugerahan MEA didasarkan atas usulan Wapres JK yang mendorong mahasiswa untuk menjadi wirausahawan daripada menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Penganugerahan MEA sudah berlangsung sejak 2017, saat itu ada 19 perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumbar menyeleksi 216 proposal bisnis, yang 99 di antaranya merupakan usaha rintisan dan 45 lainnya proposal bisnis yang sudah ada.

Dari 216 proposal tersebut, tim menyeleksi 48 proposal yang pembuatnya diundang untuk mempresentasikan usulan bisnisnya.

Untuk penyelenggaraan MEA kali ini, tim seleksi menerima 259 proposal untuk diseleksi dari 37 perguruan tinggi negeri dan swasta dari Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 46 proposal merupakan bisnis saat ini dan 160 proposalbisnis rintisan,“ kata Ganefri.

Ganefri berharap pelaksanaan MEA akan berlanjut untuk memperluas keikutsertaan pengusaha muda di kalangan mahasiswa dan diikuti oleh seluruh universitas yang ada di Pulau Sumatera.

Setelah menyerahkan penghargaan MEA, Wapres kemudian meresmikan Gedung Asrama Mahasiswa UNP dan Universitas Andalas, dengan menandatangani berkas peresmian di Auditorium UNP. (*)

loading...
Reporter : Isra /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]