Dharmasraya Terbaik Pelaksanaan Program KB dan Pembangunan Keluarga


Rabu, 04 September 2019 - 01:21:15 WIB
Dharmasraya Terbaik Pelaksanaan Program KB dan Pembangunan Keluarga Kepala Perwakilan BkkbN Sumbar, Syahruddin memberikan sambutan saat acara evaluasi ketercapaian program KKBPK bersama mitra di Padang, Selasa (3/9). YESI

PADANG, HARIANHALUAN.COM - BkkbN provinsi Sumbar mengevaluasi ketercapaian program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama mitra di Padang, Selasa (3/9).

Disampaikan Syahruddin, Kepala perwakilan BkkbN Sumbar, evaluasi bertujuan untuk menggali informasi apa kendala-kendala yang membuat pelaksanaan program mengalami hambatan, serta mencarikan solusi bersama untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

Dalam periode Januari sampai dengan Juli 2019, Syahruddin menyebutkan pencapaian peserta baru total terhadap prakiraan permintaan masyarakat untuk provinsi Sumatera Barat sebesar 48,68%.

"Dengan pencapaian peserta baru tertinggi adalah Kabupaten Dharmasraya sebesar 62,94%. Untuk pencapaian peserta baru terendah yaitu Kabupaten Solok, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Kepulauan Mentawai masing-masing 34,34%; 32,67%; 21,06%. Sampai saat ini per Juli 2019 Peserta KB aktif pada level Provinsi sekitar 68,21% dan Unmetneed sekitar 15,01%," kata dia.

Sebagai daerah yang memperoleh capaian terbaik, Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza mengatakan Pemerintah Dharmasraya melakukan uapaya seperti kegiatan edukasi sedari dini.

"Dengan angka 62.94%, kegiatan dari usia sekolah cukup gencar dilakukan. Program yang dilakukan seperti masuk ke sekolah, dalam artian tidak hanya edukasi melalui PIK remaja, tapi juga berkoordinasi dengan sejumlah tenaga kesehatan dan juga posyandu remaja," kata dia.

Bobby mengatakan, Dinsos Dharmasraya berharap agar kedepannya dapat menggalakan program yang mengacu dari program-program BkkbN.

Diakuinya, Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Keluarga Berencana (DAK BOKB) dari BkkbN sangat bermanfaat dalam pelaksanaan program.

"Dana DAK BOKB sebesar 2.7 milyar cukup menjadi suatu energi yang positif bagi kami untuk menggalakkan sejumlah program," tuturnya.

Diakui Bobby, Dharmasraya memang menaruh perhatian khusus pada kependudukan.

"Bupati melihat laju pertumbuhan, ya laju penduduk harus diatasi. Untuk menjaga kualitas manusia juga tentunya. Meskipum sumbangan pertumbuhan tidak terlalu besar, tapi yang banyak di Dharmasraya itu mobilisasi karena dayatarik dari dharmasraya," jelasnya. (*)

loading...
Reporter : yesi /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]