Wow! Cuma PDIP yang Solid Dukung Pemindahan Ibu Kota 


Rabu, 04 September 2019 - 11:04:55 WIB
Wow! Cuma PDIP yang Solid Dukung Pemindahan Ibu Kota  Ilustrasi Desain Ibu Kota Baru. (ist-jp)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Dukungan parpol koalisi pendukung pemerintah terbelah. Cuma PDIP yang solid mendukung pemerintah soal rencana pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median), Rico Marbun, menyatakan  bukan hanya rakyat saja yang harus yakin soal rencana ini,  tetapi elite parpol harus meyakinkan konstituennya.  ""Dari hasil survei yang kita temukan,  Kami lihat yang solid mendukung itu kalau dari koalisi pemerintah baru PDIP, " ujar Rico  seperti dikutip dari Republika, Rabu (4/9).
 
Sementara itu, dukungan sesama parpol koalisi pemerintah, disebutnya masih relatif abu-abu. Hal ini tampak dari adanya gap antara yang setuju dan tidak setuju di Partai Golkar, PKB dan Nasdem.  

Meski selisih antara pihak yang setuju dan tidak setuju tidak banyak, akan tetapi Rico mengingatkan potensinya bisa membesar. Pertimbangannya, kata dia, pemilu digelar lima tahun sekali sementara rencana untuk memindahkan fisik ibu kota negara tidak akan selesai dalam kurun waktu 1-2 tahun saja. 

"Kalau ternyata persentase konstituen dari parpol pendukung pendukung Jokowi maupun yang tidak dukung membesar, maka ada hukuman politik di 2024 nanti oleh para konstituen kepada parpol sehingga ini perlu diperhatikan oleh Jokowi dan parpol yang bersangkutan," jelas Rico.  

Dia lantas merinci hasil survei Median terhadap konstituen lima parpol koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Lima parpol pendukung pemerintah itu merupakan yang lolos ke DPR RI.  

Hasilnya, sebanyak 45,3 persen konstituen pemilih PDIP menyatakan sepakat dengan pemindahan ibu kota, sedangkan 39,7 persen menyatakan tidak sepakat. Kemudian, 47,3 persen konstituen Partai Golkar tercatat tidak setuju dengan pemindahan ibu kota dan  31,6 persen konstituen menyatakan setuju.  

Untuk konstituen Nasdem, jumlah yang sepakat versus tidak sepakat dengan pemindahan ibu kota seimbang. Sebanyak 40,4 persen konstituen Nasdem menyatakan sepakat dan 40,6 persen konstituen menyatakan tidak sepakat ibu kota dipindah ke Kaltim. 

Kemudian, sebanyak 49 persen konstituen PKB tidak memberikan jawaban atas rencana ini. Sebanyak 25 persen konstituen PKB menyatakan sepakat dan 26 persen konstituen PKB menyatakan tidak sepakat dengan rencana pemerintah.  

Sebanyak 35 persen konstituen PPP menyatakan tidak sepakat dengan rencana pemindahan ibu kota.  Sementara sebanyak 32 persen konstituen PPP menyatakan sepakat dan sisanya 33 konstituen tidak memberikan jawaban.  

Sementara itu, dari sebanyak 57,6 persen konstituen Partai Gerindra menyebut tidak sepakat dengan rencana pemindahan ibu kota.  Sebanyak 25,9 persen pemilih Gerindra menyatakan setuju dengan pemerintah dan 16,5 psrsen tidak menjawab. 

Sebanyak 50 persen konstituen Partai Demokrat tidak sepakat dengan rencana pemindahan ibu kota, sebanyak 38 persen sepakat dan 12 persen menyatakan tidak menjawab.  

Lalu, sebanyak 55,5 persen konstituen PKS tidak sepakat dengan rencana memindahkan ibu kota, sebanyak 15 persen setuju dan 29,5 psrsen menyatakan tidak menjawab.  

"Untuk PAN, sebanyak 60 persen konstituen menyatakan tidak sepakat dengan rencana pemerintah, sebanyak 28 persen sepakat dan 12 persen menyatakan tidak menjawab, " tambahnya. 

Menurut Rico, survei Median melibatkan 1.000 responden dengan margin of error 3,09 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei digelar pada 26-30 Agustus 2019. Adapun penentuan sampel dibagi secara proporsional menggunakan metode multistage random sampling. (dn/rol)

loading...
 Sumber : ROL /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 11:52:35 WIB

    Wow! Divonis 13 Tahun Penjara, M Nazaruddin Dapat 49 Bulan Remisi

    Wow! Divonis 13 Tahun Penjara, M Nazaruddin Dapat 49 Bulan Remisi HARIANHALUAN.COM - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M. Nazaruddin bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Namun Nazar belum bebas murni, melainkan mendapatkan program Cuti Menjelang Beb.
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 15:24:00 WIB

    Wow! Bahar bin Smith ke Nusakambangan Menjadi Topik Terpopuler Netizen Indonesia

    Wow! Bahar bin Smith ke Nusakambangan Menjadi Topik Terpopuler Netizen Indonesia HARIANHALUAN.COM -- Keputusan Kemenkumham yang memindahkan tempat penahanan Habib Bahar bin Smith untuk sementara ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu Nusakambangan,  menimbulkan reaksi yang beragam di kalangan war.
  • Jumat, 17 April 2020 - 15:23:29 WIB

    Wow! Tunjangan PNS Lancar Jaya Meski Ada Corona

    Wow! Tunjangan PNS Lancar Jaya Meski Ada Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan mencatat belanja pegawai masih mengalami kenaikan dalam realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan hal ini terj.
  • Senin, 13 April 2020 - 22:37:23 WIB

    Wow! di Daerah Ini Warga Pendatang Dapat Bansos

    Wow! di Daerah Ini Warga Pendatang Dapat Bansos CIKARANG, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan menyalurkan bantuan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran.
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 11:10:07 WIB

    Wow! Ralat Pernyataan Setelah Banjir Kritik, Nadiem: UN Tidak akan Dihapus

    Wow! Ralat Pernyataan Setelah Banjir Kritik,  Nadiem: UN Tidak akan Dihapus JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Akhirnya  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, meralat pernyataannya terkait keputusannya  untuk menghapus Ujian Nasional (UN) mulai 2021. Mantan Bos Gojek itu  meny.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]