Rekadaya Elektrika Tuntaskan Transmisi Listrik Solsel - Dharmasraya


Rabu, 04 September 2019 - 16:35:34 WIB
Rekadaya Elektrika Tuntaskan Transmisi Listrik Solsel - Dharmasraya KEPALA Divisi PMG 2A, Rekadaya Elektrika, Yudi Mulhadi dan Manager Teknik PLN UUPJ Sumbar, Davis Fojem beserta jajaran managemen dalam peninjauan lapangan pembangunan jaringan transmisi 150 KV. JEFLI

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Jalur transmisi listrik 150 Kilo Volt (KV) menghubungkan Muara Labuh, Solsel ke Sungai Rumbai kabupaten Dharmasraya hampir tuntas di kerjakan Rekadaya Elektrika, hanya sekitar 10 persen sisa pekerjaan. Terkait proyek ini, Rekadaya terlibat dalam pembangunan transmisi (T/L) 150 kV PLTP Muara Labuh-Gardu Induk (GI) 150 kV Muara Laboh - Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 275 kV Sungai Rumbai.

Perusahaan yang merupakan anak usaha PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) ini mampu menuntaskan proyek jalur transmisi sepanjang 192,7 kilometer (km) sirkuit dalam rentan waktu 15 bulan. Dimulai dari Maret 2018 silam.

"Sertifikat Rekomendasi Layak Bertegangan (RLB) untuk transmisi sudah terbit dan investasi pembangunan proyek ini menelan investasi sekitar Rp 300 miliar," kata Kepala Divisi Yudi Mulhadi saat pers confrence yang digelar, Rabu (4/9) di Padang Aro.

Menurutnya, dengan pembangunan proyek tol listrik tahap pertama itu memberi harapan bagi masyarakat dan menarik minat investor untuk menanamkan modal, terutama sektor industri di Solsel. "Apabila sudah berjalan koneksi ini nantinya sekitar akhir 2019 maka, berapapun kebutuhan listrik bisa disuplay karena transmisi itu mampu memperkuat keandalan listrik Sumatera," ujarnya.

Proyek listrik tersebut menunjang proyek kelistrikan 35.000 megawatt (MW) yang digagas pemerintah Jokowi. "Proyek ini, bagian dari pembangunan proyek tol listrik tahap pertama, yang membentang dari Lahat, ujung selatan Sumatera sampai ke wilayah Galang di ujung utara Sumatera sepanjang 2.866 kilometer sirkuit," katanya.

Dalam keterlibatan pembangunan transmisi, suatu kebanggaan bagi Rekadaya Elektrika. "Suatu kehormatan bagi PT Rekadaya Elektrika untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan proyek Tol Listrik tahap pertama. Proyek ini dibangun oleh anak bangsa terbaik Indonesia agar bisa memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat Sumatera. Dengan adanya pembangunan proyek Tol Listrik tahap pertama ini, masyarakat Sumatera bisa menikmati listrik yang handal," ungkap Yudi.

Selama pengerjaan proyek, banyak pihak telah membantu. Pihak pemerintah daerah, ninik mamak, tokoh masyarakat, pemuda dan banyak pihak lainnya. "Atas nama PT. Rekadaya Elektrika, kami mengucapkan terimakasih," katanya.

Disampaikannya, tanpa bantuan dan partisipasi masyarakat di Solsel sampai Sungai Rumbai, tidak mungkin proyek tersebut berjalan lancar dan bisa selesai tepat waktu.

Terpisah, Manager Teknik PLN UUPJ Sumbar, Davis Fojem mengatakan jaringan transmisi 150 kV PLTP Muara Laboh - Sungai Rumbai, membentang sejauh 192,7 kilometer sirkuit. Memiliki 306 tower, melintasi dua kabupaten, Kabupaten Solsel dan Dharmasraya.

 

Jaringan transmisi itu, akan tersambung dengan jalur tol listrik. "Nantinya, jaringan ini terkoneksi dengan tol listrik, maka akan dapat menyalurkan listrik dari berbagai pembangkit listrik di Sumatera. Kekurangan pasokan daya untuk berbagai daerah sepanjang jalur tol listrik, akan bisa diatasi," papar Davis.

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengapresiasi kinerja Rekadaya Elektrika, yang berhasil menuntaskan pengerjaan proyek sesuai jadwal. (h/jef)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]