Harga Rendah, Petani Karet Solsel Menjerit


Rabu, 04 September 2019 - 16:42:36 WIB
Harga Rendah, Petani Karet Solsel Menjerit Toke membeli hasil karet di Solsel
SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Petani karet di Solsel masih berharap kenaikan harga supaya perekonomian masyarakat meningkat. Sekitar dua bulan belakangan adanya rumor yang beredar di tengah masyarakat terkait akan naiknya harga karet, hingga sekarang belum juga terbukti.
 
Sejumlah daerah penghasil karet di Solsel seperti Nagari Kapau Alam Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo, disini sejumlah petani karet kecewa dengan harga karet yang tak kunjung naik sejak 2010. "Hingga kini harga karet masih jauh dibawah standar, bahkan sudah banyak petani karet yang memangkas karetnya beralih tanamanya ke tanaman komoditi lainya," kata Anto seorang petani karet di Kapau Alam Pauh Duo, Solsel pada Haluan, Rabu (4/9).
 
Menurutnya, apabila ada pekerjaan lain selain bertani karet maka, ia lebih baik bekerja yang lain dari pada menakik karet. "Tidak sebanding harga jual dengan usaha, banyak warga yang meninggalkan kebun karetnya beralih usaha lain," ucapnya.
 
Sementara, salah seorang pemasok karet atau toke di Solsel, Basri mengatakan harga karet sanggup dibeli dengan harga Rp 7.000/kg. "Di Muaralabuh ini saya yang bertahan membeli karet. Semenjak 2010 harga karet sangat tidak menentu bahkan jauh dibawah harga normal sehingga para petani banyak yang malas mengolah kebun karetnya," ucapnya.
 
Ia menyebutkan,  untuk daerah Kapau Alam Pauh Duo mayoritas warga bekerja sebagai petani karet. "Ekonomi masyarakat disini merosot, akibat harga karet jauh lebih murah. Bayangkan saja bagi masyarakat yang ingin mencari kehidupan," tuturnya.
 
Pasokan karet, imbuhnya saat ini jauh berkurang. Biasanya mampu mengirim karet empat mobil Colt Diesel atau sekitar 25-30 ton setiap pekan. "Namun sekarang dua mobil saja susah. Kita berharap kepada pemerintah segera memikirkan nasib petani karet dengan menstabilkan kembali harga karet," harapnya. (h/jef)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]