Pantas Tak Berkembang, Ternyata Tak Ada Dana Pemeliharaan Objek Wisata di Pasaman


Kamis, 05 September 2019 - 12:44:21 WIB
Pantas Tak Berkembang, Ternyata Tak Ada Dana Pemeliharaan Objek Wisata di Pasaman Kepala Dinas Porapar Pasaman, Linggoman (keempat dari kiri) saat menghadiri dialog pengelolaan TWA Rimbo Panti bersama masyarakat. YUDI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pasaman masih terkendala minimnya anggaran. Lebih mirisnya lagi di tahun ini dana pemeliharaan untuk dua objek wisata di daerah itu nol alias kosong.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pasaman, Linggoman Siregar kepada Haluan saat menghadiri kegiatan di Kantor Walinagari Panti, kemarin.

 

"Anggaran pemeliharan objek wisata di Rimbo Panti dan Taman Equator Bonjol, nihil. Sudah dua kali tahun anggaran," katanya.

 

Ia mengakui jika dinasnya mengalami kesulitan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada. Padahal, menurut dia, potensi pariwisata yang ada di Kabupaten itu cukup besar.

"Kalau melihat potensinya memang besar sekali. Tapi obyek wisata yang ada saat ini belum terkelola dengan baik. Anggaran pengembangan yang dibutuhkan tentu sangat besar," katanya.

Ketidaktersedian anggaran pemeliharaan di kawasan objek wisata di daerah itu membuat sejumlah fasilitas dan infrastruktur pada destinasi wisata yang sudah tersohor hingga kemancanegara itu mengalami kerusakan yang cukup memprihatinkan.

Kondisi ini jelas berdampak pada rendahnya tingkat kunjungan para wisatawan ke daerah itu, baik lokal apalagi mancanegara. Linggoman pun menaruh harapan besar kepada anggota DPRD Pasaman.

"Kita tidak bisa berbuat banyak. Kita ingin sekali merenovasi berbagai sarana prasarana serta fasilitas wisata yang rusak, khususnya di obyek wisata Rimbo Panti," ujarnya.

Anggota legislatif DPRD Pasaman, Fraksi Golkar, Sodikin Nur Sewan mengatakan, fraksi Golkar di DPRD Pasaman siap memperjuangkan anggaran untuk merenovasi sejumlah fasilitas yang mengalami kerusakan di kawasan taman wisata alam Rimbo Panti tersebut.

"Siap, Fraksi Golkar pasti siap. Nanti, kita juga akan lobi fraksi lain agar satu suara. Kepada Kadis Porapar, siapkan saja renjanya, sebab dalam waktu dekat ini akan dimulai pembahasan APBD untuk tahun anggaran 2020," katanya.

Sodikhin juga berharap, warga di sekitar kawasan objek wisata, baik di taman wisata alam (TWA) Rimbo Panti dan Taman Equator Bonjol perlu disertakan dalam memelihara objek wisata tersebut, di antaranya menjaga kebersihan lingkungan.

"Dengan berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan objek wisata diharapkan wisatawan yang mengunjungi objek wisata itu merasa nyaman," kata anggota DPRD tiga periode ini. (h/yud)

 

 

 

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 22:54:57 WIB

    Tanggap Bantu Warga, Mulyadi Dinilai Pantas Jadi Gubernur

    Tanggap Bantu Warga, Mulyadi Dinilai Pantas Jadi Gubernur HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Dapil Sumatera Barat (Sumbar) II Mulyadi langsung menanggapi permintaan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Apalagi saat masa darurat, masyarakat banyak mengalami kesulitan karena terdampak .
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 14:11:06 WIB

    Foto Kurang Pantas Legislator Beredar, MUI Pasaman Serukan Taubat

    Foto Kurang Pantas Legislator Beredar, MUI Pasaman Serukan Taubat PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman, Habibullah menyayangkan perilaku kurang pantas seorang oknum anggota legislatif di daerah tersebut, di mana foto yang bersangkutan viral kini .
  • Jumat, 16 September 2016 - 04:30:41 WIB

    Dharmasraya Pantas jadi Kabupaten Keterbukaan Informasi

    Dharmasraya Pantas jadi  Kabupaten Keterbukaan Informasi DHARMASRAYA, HALUAN — Kabupaten Dharmasraya memperoleh dua anugerah dalam Pemeringkatan Badan Publik se Sumatera Barat (Sumbar) yang digelar Ko­misi Informasi (KI) Sumbar beberapa waktu lalu..
  • Senin, 11 Juli 2016 - 02:18:12 WIB

    Irwan Prayitno : Pak Hasan Pantas Jadi Bapak Tani Sumbar

    Irwan Prayitno : Pak Hasan Pantas Jadi Bapak Tani Sumbar PADANG, HALUAN--Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, semasa Hasan Basri Durin (HBD) menjadi Gubernur Sumbar selama dua periode (1987-1997), banyak terobosan, terutama di bidang pertanian, yang dilakukan di Sumbar..
  • Selasa, 21 April 2015 - 18:35:14 WIB

    Masyarakat Sungai Jariang Minta Harga Pantas

    PEMBANGUNAN TEROWONGAN SIANOK

    AGAM,HALUAN — Masyarakat Sungai Jariang, Kecamatan Ampek Koto dan sekitarnya menyambut baik pem­bangunan jalan dan terowongan dari Simpan.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]