Sebulan Setelah Dilantik, Alat Kelengkapan Dewan Tak Kunjung Tuntas


Kamis, 05 September 2019 - 17:52:03 WIB
Sebulan Setelah Dilantik, Alat Kelengkapan Dewan Tak Kunjung Tuntas Pelantikan anggota DPRD Limapuluh Kota pada 6 Agustus lalu. Sudah sebulan pasca dilantik tetapi Alat Kelengkapan Dewan tak kunjung tuntas terbentuk. DADANG

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Sebulan setelah dilantiknya anggota DPRD Kabupaten Limapuluh pada 6 Agustus lalu, sampai saat ini Alat Kelengkapan Dewan tak kunjung rampung dibentuk. Alat Kelengkapan Dewan wajib dibentuk agar berjalannya fungsi dan tugas anggota dewan di Limapuluh Kota dalam merumuskan kebijakan daerah. Terutama tugas dan fungsi dalam penganggaran, pembentukan peraturan daerah dan pengawasan daerah.

Belum tuntasnya pembentukan Alat Kelengkapan Dewan juga diakui Sekretaris DPRD Limapuluh Kota, Darman Wijaya pada Kamis (5/9) siang. "Alat Kelengkapan Dewan memang belum rampung. Masih dalam proses,"ucap Darma Wijaya.

Dijelaskannya, sebulan setelah dilantik, DPRD Limapuluh Kota baru membentuk fraksi dan revisi terhadap tatatertib DPRD Limapuluh Kota. "Pimpinan definitif belum ada, badan anggaran, komisi-komisi, badan kehormatan dan badan pembentukan belum ada. Lima ini lah yang Alat Kelengkapan Dewan. Kalau fraksi bukan termasuk kesana,"ucap Darma lagi.

Tak kunjung tuntasnya Alat Kelengkapan Dewan tersebut, katanya, merupakan dampak belum definitifnya pimpinan dewan. Sampai Kamis (5/9) siang, baru Partai Gerindra menyerahkan Surat Keputusan siapa yang ditunjung untuk mengisi jabatan pimpinan definitif DPRD Limapuluh Kota.

"Kunci utama pada pimpinan definitif. Apabila pimpinan definitif dibentuk, Alat Kelengkapan Dewan bisa rampung. Dari tiga pimpinan, baru dari Partai Gerindra yang menyerahkan,"ucapnya lagi.

Partai Gerindra menyerahkan SK rekomendasi Deni Asra sebagai Ketua DPRD Limapuluh Kota pada Rabu (4/9) kemarin. Sedangkan dua partai lagi, yakni Partai Golkar (wakil ketua) dan Partai Demokrat (wakil ketua) belum menyerahkan SK nya. Sampai saat ini, DPRD Limapuluh Kota masih tempati pimpinan sementara.



Selain itu, Darma mengatakan, DPRD Limapuluh Kota juga akan mengikuti orientasi kepada seluruh anggota dewan. Rencananya, orientasi yang dilakukan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Propinsi Sumbar,"Pekan depan seluruh anggota dewan mengikuti orientasi di Padang dari 8 hingga 12 September ini,"terangnya.


Sedangkan Ketua DPD Golkar Limapuluh Kota Safarrudin Datuak Bandaro Rajo mengatakan, partainya masih menunggu rekomendasi dari DPP Golkar, siapa yang bakal ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota untuk 5 tahun kedepan. "Berdasarkan rapat pleno di DPD, kita mengajukan 2 nama untuk pimpinan ke DPP. Yaitu Riko Febrianto dan Syamsul Mikar. Rekomendasi ini yang masih kita tunggu, siapa yang ditunjuk oleh DPP Golkar,"ucap Safaruddin.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua DPC Partai Demokrat Limapuluh Kota, Darman Sahladi. Kata Ladi, DPC Demokrat masih menunggu turunan siapa yang direkomendasikan oleh DPP Demokrat sebagai Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota. "Kita masih menunggu turunan rekomendasi dari DPP, kapan sampai ke DPC belum diketahui. Yang pasti dalam waktu dekat ini rekomensasi segera keluar dan kita tetap sifatnya menunggu,"ucap Darman Sahladi sekaligus kandidat calon Bupati Limapuluh Kota. (h/ddg)

loading...
Reporter : Dadang /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]