Memasuki Hari ke-8 Operasi Patuh Singgalang 2019, Sudah 6267 Surat Tilang Dikeluarkan


Kamis, 05 September 2019 - 20:24:42 WIB
Memasuki Hari ke-8 Operasi Patuh Singgalang 2019,  Sudah 6267 Surat Tilang Dikeluarkan Operasi Patuh Singgalang 2019 di Kota Padang, Sejumlah pengendara ditilang. TIO

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Memasuki hari ke 8  Operasi Patuh Singgalang 2019, sebanyak 6267 surat tilang sudah dikeluarkan oleh Direktorat Reserse Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar dan Satuan Lantas Polres kepada pengendara lalu lintas.

Ditlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Nurhandono menyebutkan, sebanyak 4699 dari jumlah tilang tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Menurut data yang kami himpun sejak tanggal 29 Agustus hingga saat ini, sudah lebih dari 6 ribu tilang dan ada sekitar 1015 teguran yang diberikan," ucap Direktur Lantas Polda Sumbar saat ditemui di ruangannya, Kamis (5/9)

Sementara untuk pelanggaran mobil penumpang ada 997 tilang, minibus 43, dan mobil angkutan barang 527 tilang.

"Pelanggaran yang paling banyak ditemui adalah pengendara yang tidak menggunakan helm, anak-anak yang mengendarai kendaraan tanpa izin serta tidak menggunakan seatbelt atau sabuk pengaman" tambahnya

Untuk kecelakaan lalu lintas sendiri, tercatat sebanyak 47 kejadian. Dari jumlah tersebut dua orang diantaranya dinyatakan meninggal, empat luka berat dan 72 orang luka ringan. Sedangkan untuk kerugian materil mencapai 39 juta lebih.

Sementara dipertengahan waktu Operasi Patuh tahun ini, pihak Ditlantas belum bisa menyebutkan perbandingan angka dari operasi patuh pada tahun sebelumnya. Mengingat operasi masih akan berlangsung hingga satu minggu ke depan.

"Setelah operasi selesai digelar nanti, kita akan melakukan analisis dan evaluasi (anev). Sehingga bisa melihat perbandingan dari tahun-tahun sebelumnya, kita berharap dan terus mengimbau pengendara untuk selalu mematuhi aturan berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara," ucap Dirlantas.

Sebagaimana dikatakan Kapolda Sumbar sebelumnya, Irjen Pol Fakhrizal mulai Kamis (29/8) hingga Rabu (11/9) mendatang Kepolisian akanenggelar operasi patuh Singgalang 2019.

Kapolda mengatakan, pihaknya menargetkan lima capaian dalam pelaksanan operasi tersebut.

"Dalam setiap operasi harus ada perencanaan, sasaran dan cara bertindak sehingga mendapatkan hasil yang optimal," kata Kapolda.

Diantara target yang ingin dicapai, yakni terciptanya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Sehingga dapat menurunkan pelanggaran lalu lintas berakibat fatal dan kecelakaan masal.

Selanjutnya ia juga menargetkan untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, terutama bagi pengendara kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm standar dan kendaraan bermotor yang tidak sesuai peruntukannya. Lalu menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan korban kecelakaan yang berakibat fatal, kecelakaan massal dan korban materil. (h/mg-tio)

loading...
Reporter : TIO /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]