Wow Kren! Lubuk Minturun jadi Kampung Floris


Jumat, 06 September 2019 - 09:55:24 WIB
Wow Kren! Lubuk Minturun jadi Kampung Floris Bunga Bakung (Lily) menghiasi pekarangan rumah warga Lubuk Minturun. IST

PADANG,HARIANHALUAN.COM-- Kawasan Lubuk Minturun, Kota Padang akan ditetapkan sebagai kampung floris pada pelaksanaan Festival Florikultura Indonesia dan Peda Tani 2019 yang digelar 6 sampai 9 September ini. Penetapan Lubuk Minturun sebagai kampung floris karena kawasan tersebut dianggap memiliki potensi yang besar. 

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri mengatakan, penetapan ini juga bertujuan untuk mendorong kawasan Lubuk Minturun menjadi destinasi wisata baru di Kota Padang dengan konsep yang berbeda dari kawasan wisata lainnya. 

"Potensi di kawasan Lubuk Minturun memiliki itu besar, bagaimana tidak disana itu terdapat 500 kepala keluarga (KK) yang terlibat dalam usaha florikultura. Sedangkan di kampung floris di Tomohon hanya ada 159 KK yang terlibat," katanya, kemarin.

Oleh sebab itu, katanya, potensi besar ini harus dapat dimaksimalkan sehingga kawasan Lubuk Minturun bisa menasional bahkan internasional dalam pengembangan florikultura. Bahkan, pada beberapa waktu lalu pemerintah pusat melalui Dirjen Kementan RI sudah meninjau kawasan Lubuk Minturun. 

"Karena mereka telah menijau itu makanya mereka sepakat untuk menjadikan kawasan Lubuk Minturun sebagai kampung floris. Penetapannya akan dilakukan pada saat acara Florikultura Indonesia tanggal 6 September 2019," sebutnya.

Acara Florikultura Indonesia dan Peda Tani 2019 yang dilaksanakan 6 sampai 9 September ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI.  Pada acara tersebut juga akan dilakukan penandatanganan dokumen kerja sama kawasan Florikultura Sumbar, antara Kota Padang, Padangpanjang, Kota Bukittinggi dan Kabupaten Solok. Serta juga akan dilakukan launching kartu tani.

Rangkaian acara lainnya yang akan dilaksanakan, kata Syaiful, adalah seminar dengan narasumber Kementan RI dan Balai Pelatihan Tanaman Hias Kementan RI. Lalu edukasi demo merangkai bunga menggunakan tanaman hias endemik Sumbar, Lomba Putri Bunga Tingkat Anak-anak, Lomba Putri Bunga Tingkat Remaja, pameran dan kesenian. (h/mg-mal)


Reporter : AKMAL /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM