Petani Ikan di Pariaman Mulai Rasakan Manfaat Probiotik dalam Budidaya Ikan Air Tawar


Jumat, 06 September 2019 - 21:44:38 WIB
Petani Ikan di Pariaman Mulai Rasakan Manfaat Probiotik dalam Budidaya Ikan Air Tawar Ilustrasi

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Kelompok Peternakan Ikan (Pokdakan) di Kota Pariaman mulai memanfaatkan probiotik dalam pengembangan perikanan budidaya.

Perbincangan Haluan dengan Kabit Perikanan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Citra Aditur Bakhri, Jumat sore (6/9), bahwa sejumlah kelompok pokdakan antusias memanfaatkan teknologi tersebut.

Di Kota Pariaman ada 28 Pokdakan, hampir separuhnya sudah mengembangkan teknologi probiotik dalam melaksanakan budidaya ikan air tawar.

Menurut Citra, pihaknya hanya memberi sugesti serta pengontrolan, karena dengan penerapan teknisyang tepat keuntungan budidaya perikanan bisa diperoleh. Pengontrolan yang dilakukan itu seperti kapan waktu yang tepat untuk pemberian probiotik, hanya untuk kelancaran usaha pokdakan dalam menjalankan usaha budidaya perikanananya.

Salah satu Pokdakan yang melaksanakan budidaya perikanan air tawar dengan menggunakan probiotik itu adalah Tiga Saudara di Alai Galombang.

“Dalam setahun ini dia tersugesti dengan sistem tersebut, dan telah merasakan hasil panenya,” sebut Citra.

Pengembangan perikanan budidaya dengan memakai probiotik juga sebagai bafer bagi bakteri yang tidak diperlukan. Sifatnya probiotik itu alami, ini kan hasil fermentasi bahan-bahan organik. Memang hasil produksi membaik, namum pembudidaya perlu teliti baik dalam pembelianya maupun pemakaianya.(*)

 

loading...
Reporter : trisnaldi /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]