Daya Tarik Baru Kota Padang, Objek Wisata Tahura Bung Hatta Ditata Kembali


Sabtu, 07 September 2019 - 00:25:56 WIB
Daya Tarik Baru Kota Padang, Objek Wisata Tahura Bung Hatta Ditata Kembali Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota (Pemko) padang sudah mendapatkan investor untuk Taman Hutan Raya (Tahura) Kota Padang, yang akan mulai dibangun pada tahun 2020. Nantinya, di lokasi Tahura Bung Hatta tersebut akan terdapat resort.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syaiful Bahri, kemarin. Ia mengatakan, pengelolaan dari investor ini akan membuat destinasi atau daya tarik baru untuk Kota Padang.

"Pembangunan di Tahura tentunya sesuai dengan aturan yang ada bahwa Tahura hanya boleh dibangun maksimal 10 persen dari total luas Tahura tersebut. Tahura ini akan ditata sedemikian rupa," katanya.

Ia menyebutkan, dari rencana saat ini, proses pembangunan yang baru akan dimulai tahun 2020 tersebut akan dapat diselesaikan selama satu tahun. Sehingga sudah dapat beroperaasional tahun 2021. Dari pembangunan oleh investor ini, Pemko Padang akan mendapatkan keuntungan dan dapat meningkatkan PAD.

"Kalau berbicara dari segi keuntungan Pemko Padang akan mendapatkan PNBP dan juga bagi hasil setiap tahunnya dengan pihak ketiga tersebut," sebutnya.

Nilai investasi yang telah disetujui dalam sistem kerja sama, katanya, juga terbilang cukup besar, yakni akan lebih dari Rp50 miliar. Tapi, kalau perhitungan kasarnya, jumlah investasi yang akan masuk nantinya itu kurang lebih sebanyak Rp110 Miliar.

"Jumlah investasi ini akan jelas seiring waktu, sebab semuanya dalam tahap perencanaan. Minimal itu Rp50 miliar," katanya.

Selain PAD yang akan bertambah, masuknya investor baru ini jelas akan memperbanyak dan menambah lapangan kerja di Kota Padang. Bahkan, pihaknya mentaksir tidak kurang dari 300 orang yang dapat ditampung apabila ini berjalan dengan sukses.

"Kalau kami perkirakan, sebanyak 300 orang lebih masyarakat Kota Padang akan mendapatkan lapangan pekerjaan yang baru, jadi investasi yang masuk ini akan berpengaruh kepada perkembangan ekonomi masyarakat," katanya.

Saat ini, pihaknya belum dapat menyebutkan nama investor yang mau melakukan pembangunan fisik di Tahura tersebut. Tapi, pihaknya memastikan pengusaha tersebut merupakan warga negara Indonesia. (*)

 


Reporter : Akmal /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Juli 2019 - 20:48:51 WIB

    Indahnya Karya Seni Rupa FBS UNP di Taman Budaya Padang

    Indahnya Karya Seni Rupa FBS UNP di Taman Budaya Padang HARIANHALUAN.COM - Pengunjung sedang melakukan foto selfie di salah satu karya yang dipamerkan di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat, Padang, Jumat (26/7). Karya-karya yang dipamerkan di galeri tersebut merupakan hasil karya .
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 16:21:50 WIB

    Jembatan Kabel Stayed Sungai Dareh Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan

    Jembatan Kabel Stayed Sungai Dareh Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kemolekan arsitektur jembatan kabel kebanggaan Dharmasraya yang berdiri kokoh di sungai dareh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar daerah, memasuki liburan akhir pekan menjadi tem.
  • Selasa, 07 Juni 2016 - 02:26:07 WIB
    Komitmen Gubernur

    Riau Pusat Budaya Melayu Asia Tenggara

    Riau Pusat Budaya Melayu Asia Tenggara PEKANBARU, HALUAN — Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjadikan daerah setempat sebagai pusat kebudayaan Melayu di kawasan Asia Tenggara..
  • Senin, 29 Februari 2016 - 02:46:42 WIB

    Budidaya Ikan Air Tawar Merugi Rp12,5 Miliar

    Budidaya Ikan Air Tawar Merugi Rp12,5 Miliar PEKANBARU, HALUAN — Pembudidaya ikan air tawar di Provinsi Riau harus menanggung kerugian sekitar Rp12,5 miliar lebih akibat tingginya curah hujan dan menyebabkan bencana banjir pada empat kabupaten sejak awal tahun ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM