Bom Mobil Meledak di Dekat Kedubes AS di Kabul, 10 Warga Sipil Tewas


Ahad, 08 September 2019 - 15:31:12 WIB
Bom Mobil Meledak di Dekat Kedubes AS di Kabul, 10 Warga Sipil Tewas Tentara Afghanistan siaga di dekat lokasi ledakan. Dok/AP

KABUL, HARIANHALUAN.COM – Sedikitnya 10 orang tewas dalam peristiwa bom mobil di Kota Kabul, Afghanistan, tepatnya dekat kompleks diplomatik yang juga menjadi lokasi kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS), Kamis (5/9/2019). Korban semuanya warga sipil.

Dilansir dari detik.com, Kamis (5/9), ledakan bom ini merupakan serangan kedua dalam satu pekan terakhir di Afghanistan, setelah tercapai kesepakatan awal antara AS dan Taliban dalam mengakhiri perang terpanjang AS di Afghanistan. Serangan bom ini telah diklaim oleh Taliban.

 

 

 

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Nasrat Rahimi mengatakan, sekitar 42 orang lainnya mengalami luka-luka. Sekitar 12 kendaraan, ujar Rahimi, hancur akibat ledakan bom tersebut.

Dalam klaimnya, Taliban menyatakan mereka menargetkan kendaraan-kendaraan 'warga asing' saat memasuki area Shashdarak yang memiliki pengamanan sangat ketat. Di area yang sama, terdapat juga kantor otoritas keamanan nasional Afghanistan.

Misi Resolute Support dari NATO dan tentara Inggris yang ditugaskan di Afghanistan juga ada di dekat lokasi ledakan. Foto-foto dari lokasi kejadian menunjukkan salah satu kendaraan milik NATO ringsek akibat ledakan bom ini. Namun belum ada komentar dari NATO maupun otoritas Inggris untuk ledakan ini.

Rekaman video yang beredar luas di media sosial menunjukkan sebuah kendaraan yang ditumpangi pengebom bunuh diri berbelok di pos pemeriksaan dan meledak. Seorang pejalan kaki tampak berupaya berlari secepat mungkin beberapa detik sebelum ledakan terjadi.

"Kami semua melihat siapa yang menjadi target dari rekaman kamera keamanan!" ujar juru bicara Kepresidenan Afghanistan, Sediq Seddiqi. (*)

 

loading...
 Sumber : dtk.com /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 21:01:53 WIB

    Menara Eiffel Diancam Bom, Akses Jalan Ditutup

    Menara Eiffel Diancam Bom, Akses Jalan Ditutup HARIANHALUAN.COM - Akses masuk ke Menara Eiffel ditutup usai diterimanya ancaman bom, Rabu (23/9). Untuk itu, Kepolisian Paris, Prancis, langsung mengevakuasi seluruh pengunjung Menara Eiffel dan memblokir akses jalan di seki.
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 23:38:30 WIB

    Bom Bunuh di Filipina Dilakukan Dua Wanita, Seorang Diantaranya Diduga WNI

    Bom Bunuh di Filipina Dilakukan Dua Wanita, Seorang Diantaranya Diduga WNI HARIANHALUAN.COM - Seorang WNI diduga menjadi pelaku bom bunuh diri di Jolo, Provinsi Sulu, Filipina. Komandan Militer Filipina menyebut pelaku merupakan dua orang wanita. ABS-CBN News melaporkan salah satu dari wanita itu ad.
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 18:56:01 WIB

    Seorang Pelaku Bom di Konser Ariana Grande Dihukum 55 Tahun Penjara

    Seorang Pelaku Bom di Konser Ariana Grande Dihukum 55 Tahun Penjara HARIANHALUAN.COM - Hashem Abedi, adik laki-laki dari pelaku pengeboman Manchester Arena Salman Abedi, dijatuhi hukuman 55 tahun penjara karena keterlibatannya dalam serangan di konser Ariana Grande yang menewaskan 22 orang pa.
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 11:44:34 WIB

    Ledakan Bom Mobil di Afghanistan Tewaskan 17 Orang

    Ledakan Bom Mobil di Afghanistan Tewaskan 17 Orang HARIANHALUAN.COM - 17 orang tewas di Afghanistan dalam sebuah ledakan bom mobil di Provinsi Logar. Ledakan terjadi pada malam menjelang gencatan senjata yang dideklarasikan Taliban selama libur Iduladha..
  • Senin, 08 Juni 2020 - 19:33:50 WIB

    Sadis, Gajah Hamil Tewas karena Diberi Nanas Isi Bom

    Sadis, Gajah Hamil Tewas karena Diberi Nanas Isi Bom HARIANHALUAN.COM -- Polisi India menangkap seorang pekerja perkebunan dan memburu dua orang lainnya yang diketahui membunuh seekor gajah hamil dengan sadis..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]