Hingga Agustus 2019, Disnakerin Padang Telah Keluarkan 4.300-an Kartu Pencaker


Ahad, 08 September 2019 - 16:28:09 WIB
PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sampai dengan akhir Agustus 2019 ini, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang mencatat sudah mengeluarkan lebih dari 4.000 kartu pencari kerja (pencaker). Jika dibandingkan dengan tahun lalu di bulan yang sama, jumlah ini mengalami penurunan, dimana sampai Agustus 2018 itu, Disnakerin sudah mengeluarkan 7 ribu kartu Pencaker.
 
Hal ini disampaikan Kepala Disnakerin Kota Padang, Yunisman saat dihubungi Haluan, Minggu (8/9). Ia mengatakan, pembuat kartu kuning ini kebanyakan digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan, pelatihan di BLK serta untuk bimbingan jabatan dan melamar Calon Pegaaai Negeri Sipil (CPNS). 
 
"Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah pencaker yang mengurus kartu kuning menurun. Tapi pada tahun sebelmnya itu memang masyarakat sudah banyak yang mengurus pada bulan Agustus karena informasi penerimaan CPNS," katanya. 
 
Oleh sebab itu, katanya, pengurusan kartu pencaker ini diprediksi dalam waktu dekat ini  akan membeludak karena ada informasi bahwa pemerintah pusat kembali membuka seleksi penerimaan CPNS.
 
"Sebenarnya pencari kerja tidak harus menunggu informasi CPNS dulu baru mengurus. Sebab banyak untungnya bagi mereka yang mengurus kartu pencaker ini," sebutnya.
 
Salah satunya, kata Yunisman, untuk penempatan tenaga kerja dengan mengurus ini pihaknya bisa menawarkan pencaker ke perusahaan yang membutuhkan pegawai dan meminta kepada Disnakerin. Namun, pihaknya hanya sebatas melakukan rekomendasi sesuai dengan keinginan dari perusahan. 
 
"Nantinya perusahaan akan melihat kebutuhan perusahannya. Karena di data yang kita berikan berisikan data diri yang lengkap dari pencaker. Jadi bukan kita yang meluluskannya, semua murni dari perusahaan," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, untuk mengurangi pengangguran di Kota Padang, pihaknya setiap tahun rutin mengadakan job fair yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. (h/mg-mal)
 
 


Reporter : Akmal /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 19:48:25 WIB

    Padang Punya Mal Khusus, Bisa Urus SIM Hingga Nikah

    Padang Punya Mal Khusus, Bisa Urus SIM Hingga Nikah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP)  di Kota Padang, Kamis (27/12). .
  • Rabu, 26 September 2018 - 16:53:42 WIB

    Hingga Juni, Ada 28 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Padang

    Hingga Juni, Ada 28 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sampai dengan semester satu, tercatat 28 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Padang. Terus terjadinya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak disebabkan keengganan dari korban u.
  • Kamis, 08 Maret 2018 - 09:13:16 WIB

    Angkutan Online Harus Didaftrakan,Tenggat Hingga Akhir Maret

    Angkutan Online Harus Didaftrakan,Tenggat Hingga Akhir Maret PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perhubungan Dedi Henidal menyatakan, angkutan online yang sudah memiliki izin beroperasi diberikan masa tenggang hingga akhir Maret untuk mendaftar. Jika masa tenggang telah habis maka .
  • Jumat, 15 September 2017 - 10:36:21 WIB

    Hingga September, Retribusi Dinas Perdagangan Padang Capai Rp3,8 Miliar

    Hingga September, Retribusi Dinas Perdagangan Padang Capai Rp3,8 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Realisasi retribusi Dinas Perdagangan Kota Padang hingga September 2017 masih berada pada angka Rp3,8 miliar. Retribusi diperoleh dari harian oleh Pedagang Kaki Lima (PKL), bulanan oleh kios dan tok.
  • Rabu, 30 Agustus 2017 - 09:44:41 WIB

    Januari Hingga Agustus 2017, 410 Orang Diserang DBD

    Januari Hingga Agustus 2017, 410 Orang Diserang DBD PADANG, HARIANHALUAN.COM—Hingga akhir Agustus 2017, tercacat 410 kasus demam berdarah dengue (DBD) terjadi di Kota Padang yang menyebabkan dua orang meninggal dunia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM