Hingga Agustus 2019, Disnakerin Padang Telah Keluarkan 4.300-an Kartu Pencaker


Ahad, 08 September 2019 - 16:28:09 WIB
PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sampai dengan akhir Agustus 2019 ini, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang mencatat sudah mengeluarkan lebih dari 4.000 kartu pencari kerja (pencaker). Jika dibandingkan dengan tahun lalu di bulan yang sama, jumlah ini mengalami penurunan, dimana sampai Agustus 2018 itu, Disnakerin sudah mengeluarkan 7 ribu kartu Pencaker.
 
Hal ini disampaikan Kepala Disnakerin Kota Padang, Yunisman saat dihubungi Haluan, Minggu (8/9). Ia mengatakan, pembuat kartu kuning ini kebanyakan digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan, pelatihan di BLK serta untuk bimbingan jabatan dan melamar Calon Pegaaai Negeri Sipil (CPNS). 
 
"Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah pencaker yang mengurus kartu kuning menurun. Tapi pada tahun sebelmnya itu memang masyarakat sudah banyak yang mengurus pada bulan Agustus karena informasi penerimaan CPNS," katanya. 
 
Oleh sebab itu, katanya, pengurusan kartu pencaker ini diprediksi dalam waktu dekat ini  akan membeludak karena ada informasi bahwa pemerintah pusat kembali membuka seleksi penerimaan CPNS.
 
"Sebenarnya pencari kerja tidak harus menunggu informasi CPNS dulu baru mengurus. Sebab banyak untungnya bagi mereka yang mengurus kartu pencaker ini," sebutnya.
 
Salah satunya, kata Yunisman, untuk penempatan tenaga kerja dengan mengurus ini pihaknya bisa menawarkan pencaker ke perusahaan yang membutuhkan pegawai dan meminta kepada Disnakerin. Namun, pihaknya hanya sebatas melakukan rekomendasi sesuai dengan keinginan dari perusahan. 
 
"Nantinya perusahaan akan melihat kebutuhan perusahannya. Karena di data yang kita berikan berisikan data diri yang lengkap dari pencaker. Jadi bukan kita yang meluluskannya, semua murni dari perusahaan," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, untuk mengurangi pengangguran di Kota Padang, pihaknya setiap tahun rutin mengadakan job fair yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. (h/mg-mal)
 
 

loading...
Reporter : Akmal /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]