Luncurkan Buku Biografi Mohammad Natsir, Anies Baswedan: Beliau Wali Nikah Kakek dan Nenek Kami


Ahad, 08 September 2019 - 19:00:03 WIB
Luncurkan Buku Biografi  Mohammad Natsir, Anies Baswedan: Beliau Wali Nikah Kakek dan Nenek  Kami Anies Baswedan  meluncurkan Buku Biografi Mohammad Natsir berjudul ‘Muhammad Natsir: Kepribadian, Pemikiran Perjuangan’. (Mina)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Secara resmi Gubernur DKI Anies Baswedan  meluncurkan Buku Biografi Mohammad Natsir berjudul ‘Muhammad Natsir: Kepribadian, Pemikiran Perjuangan’.

Acara peluncuran buku  karya penulis Lukman Hakiem  tersebut  dilaksanakan  dalam pameran Buku Internasional Indonesia (IIBF) 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Sabtu (7/9).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, maka buku Biografi Mohammad Natsir secara resmi diluncurkan,” ujar Anies saat meresmikan peluncuran buku tersebut.

Anies mengatakan, bersyukur dapat menjadi saksi peluncuran buku Biografi Mohammad Natsir, seorang tokoh ulama, politisi dan pejuang kemerdekaan.

"Kami kebetulan keluarga memang dekat. Almarhum kakek saya dengan Almarhum Pak Natsir ini seperti saudara, mereka satu sama lain selalu memanggil dengan istilah akhi (saudara laki-laki), sangat dekat. Mengapa sangat dekat? Karena kakek saya, nenek saya menikah dan wali nikahnya adalah Pak Natsir,"  tambah Anies.

Anies menuturkan, Natsir memiliki andil besar bagi kesatuan negara. Ia menganggap Natsir sebagai bapak integrasi Indonesia.

"Peran M.Natsir dalam konteks negara kesatuan RI dan beliau yang membawa integrasi. Bapak integrasi Indonesia, jadi Indonesia seperti sekarang, tidak lagi berbentuk federasi, tapi menjadi negara kesatuan itu sebuah peran bersejarah dari Pak Natsir," ucapnya.

Peluncuran buku ini dihadiri oleh Penyair dan Budayawan Indonesia Taufik Ismail, Ketua Umum Dewan Dakwah Indonesia Muhammad Shiddiq, dan putra putri dari Mohammad Natsir.

Natsir lahir di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, 17 Juli 1908 dan wafat di Jakarta, 6 Februari 1993 pada usia 84 tahun.

Mohammad Natsir adalah tokoh pendiri sekaligus pemimpin partai politik Masyumi yang pernah berjaya di Indonesia, Natsir juga dikenal sebagai tokoh Islam terkemuka di dunia, antara lain pernah menjadi Wakil Presiden Rabithah Alam Islami yang berpusat di Mekkah.

Natsir adalah pahlawa nasional, berjuang untuk kemerdekaan sejak masa penjajahan. Kemudian sesudah kemerdekaan, Natsir pernah menjadi Perdana Menteri dan Menteri Penerangan.

Ia saat ini juga tengah diusulkan menjadi Bapak Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena mosi yang diajukannya di Parlemen, disebut Mosi Natsir,  yang membuat Indonesia kembali menjadi negara kesatuan, setelah sebelumnya berbentuk negara serikat (Republik Indonesia Serikat).

Salah seorang sahabat dekat Natsir yang sama-sama Partai Masyumi adalah A.R. Baswedan, kakek dari Anies Baswedan. (dn/mn)

loading...
 Sumber : Mina /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]