Wah Mantap!  Kini Usia 40 Tahun Boleh Ikut CPNS Asal Penuhi Syarat


Senin, 09 September 2019 - 07:55:45 WIB
Wah Mantap!  Kini  Usia 40 Tahun Boleh Ikut CPNS Asal Penuhi Syarat Pemerintah mengeluarkan aturan baru yang memungkinkan seseorang berusia 40 tahun boleh ikut tes CPNS dengan syarat.(Snd)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Selama ini  batas maksimal usia  pelamar CPNS adalah 35 tahun. Namun kini pemerintah mengeluarkan peraturan baru, usia 40 tahun  boleh ikut seleksi.

Seseorang berusia 40 tahunboleh  melamar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) namun dengan syarat. “Dalam Pasal 23 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 disebutkan bahwa usia pelamar paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar. Namun, batas usia pelamar tersebut dapat dikecualikan paling tinggi 40 tahun bagi jabatan-jabatan tertentu yang ditetapkan oleh presiden,” kata Kepala Biro (Karo) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan,  seperti dikutip dari  sindonews, Senin, 09 September 2019.

Berdasarkan Keutusan Presiden (Keppres) No.17/2019 bahwa aturan ini berlaku hanya di enam jabatan saja, yakni dokter, dokter gigi, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti dan perekayasa.

 “Usia pelamar CPNS pada keenam jabatan tersebut dihitung saat melamar sebagai CPNS,” ungkapnya.

Ridwan mengatakan dalam Keppres tersebut juga dijelaskan lebih lanjut mengenai kualifikasi pendidikan bagi keenam jabatan tertentu tersebut. Jabatan dokter dan dokter gigi disyaratkan memiliki kualifikasi pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis.

“(Lalu) strata 3 atau S3 (doktor) untuk jabatan dosen, peneliti, dan perekayasa. Kriteria lain yang harus dipenuhi pelamar untuk jabatan dosen, peneliti, dan perekayasa akan diatur dalam peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (permenpanrb),” ujarnya. 
Dia mengatakan langkah ini akan menambah peluang masuknya dokter spesialis dalam jajaran CPNS.

Selain itu dengan syarat S3 bagi dosen, peneliti dan perekayasa dihahrapkan dapat menjalankan fungsinya tanpa ada pertimbangan melanjutkan pendidikan. “Kondisi pengadaan CPNS dalam dua tahun terakhir ini, pelamar pada formasi Dokter Spesialis terbilang kesulitan dengan persyaratan batas usia paling tinggi 35 tahun,” katanya.(snd)


 Sumber : SND /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 00:26:50 WIB

    Wah, Ada Lowongan Pekerjaan di BPJAMSOSTEK

    Wah, Ada Lowongan Pekerjaan di BPJAMSOSTEK JAKARTA,HARIANHALUAN.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali memberikan kesempatan bagi putra putrì terbaik bangsa lulusan D3 dan S1 yang ingin bergabung di badan yang menyelenggarakan .
  • Senin, 20 Januari 2020 - 12:08:54 WIB

    Wah, Menteri Teten Cari Ahli Koperasi dan UKM, Anda Berminat?

    Wah, Menteri Teten Cari Ahli Koperasi dan UKM, Anda Berminat? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Koperasi dan UKM open recruitment untuk mengisi tiga jabatan eselon I yakni Deputi bidang Pembiayaan, Deputi bidang Restrukturisasi Usaha, dan Deputi bidang Pengawasan..
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 10:59:32 WIB

     Bongkar! Kasus Jiwasraya, Hidayat Nur Wahid: Mestinya DPR Bentuk Pansus, Bukannya Panja

     Bongkar! Kasus Jiwasraya, Hidayat Nur Wahid: Mestinya DPR Bentuk Pansus, Bukannya Panja  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid   menilai pembentukan pansus lebih tepat karena persoalan Jiwasraya menyangkut lintas komisi di DPR, yakni Komisi III yan.
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 08:43:20 WIB

    Wah...! PDIP 'Lawan' KPK, Penyidik akan Dilaporkan ke Dewas

    Wah...! PDIP 'Lawan' KPK, Penyidik akan Dilaporkan ke Dewas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pihak DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melakukan sejumlah langkah terkait kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2014 yang saat ini tengah ditangani .
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 13:09:28 WIB

    Komisi II DPR akan Tanya OTT Wahyu Setiawan ke KPU

    Komisi II DPR akan Tanya OTT Wahyu Setiawan ke KPU JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPR RI akan menggelar rapat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Selasa (14/1)..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM