Jangan Heran! Baru Dilantik, Anggota DPRD Ini Sudah Gadaikan SK ke Bank


Selasa, 10 September 2019 - 00:40:08 WIB
Jangan Heran! Baru Dilantik, Anggota DPRD Ini Sudah Gadaikan SK ke Bank Gabungan Mahasiswa dari  Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Sumatera Barat unjuk rasa bertepatan dengan pelantikan anggota DPRD Sumbar terpilih periode 2019-2024 .  (dok Tio F)

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Meminjam uang ke bank, bukanlah hal yang tabu. Bahkan bisa jadi adalah solusi atas terpuruknya perekonomian, dan kian memburuknya  iklim berusaha saat ini.

Maka, tak heran kini kian banyak  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  yang baru sepekan dilantik, sudah  menggadaikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan. Tujuannya,  apa lagi kalau bukan untuk meminjam uang ratusan juta ke  Bank.

Seperti diakui Sekretaris DPRD Banten Deni Hermawan, sampai saat ini sudah ada 10 anggota dewan yang mengajukan permohonan pinjaman uang ke Bank dengan menggunakan SK pengangkatan.

"Iya benar sudah ada beberapa (anggota DPRD yang gadai SK). Kemungkinan akan terus bertambah. Tapi itu kan masalah pribadi kita hanya memfasilitasi saja," ujar Deni ,  seperti dikutip dari okezone.com, Senin (9/9/2019).

Dijelaskan dia, biasanya Bank memanfaatkan untuk menawarkan kepada wakil rakyat masa bakti 2019-2024 pinjaman. 
Nominal yang dapat dipinjam Rp500 juta hingga Rp1 miliar per anggota.

Deni mengatakan, nantinya gaji para anggota yang menggadaikan SK akan dipotong setiap bulannya tergantung kesepakatan antara anggota dengan pihak bank.

"Ada yang mengajukan ke BJB dan Bank Banten tapi rata-rata ke Bank Banten. Yang sudah mendapat surat kuasa dengan bank kami langsung mengurus cicilan," ujarnya.

Diungkapkan Deni, fenomena ini sudah menjadi rahasia umum. 
Seperti anggota dewan priode sebelumnya,  tercatat sebanyak 45 anggota yang menggadaikan SK sebagai wakil rakyat.(okz/dn)


 Sumber : OKZ /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM