UKT Mahal-Fasilitas Minim, Ratusan Mahasiswa UIN Imam Bonjol Gelar Unjuk Rasa


Selasa, 10 September 2019 - 16:34:53 WIB
UKT Mahal-Fasilitas Minim, Ratusan Mahasiswa   UIN Imam Bonjol Gelar Unjuk Rasa Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Kampus (GMPK) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar aksi di kampus II UIN Imam Bonjol, di Jalan M. Yamin, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Selasa (10/9). TIO F

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Kampus (GMPK) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar aksi di kampus II UIN Imam Bonjol, di Jalan M. Yamin, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Selasa (10/9).

Dalam aksi tersebut beberapa mahasiswa tampak membentangkan spanduk bertuliskan "Uang Kuliah Tinggi (UKT) penuhi hak mahasiswa perbaiki fasilitas".  

Mereka menuntut pihak kampus agar transparan dalam hal keuangan dan kinerja Rektor UIN IB Padang, sejak dilantik pada tanggal 05 April 2015, hingga sekarang.

Tuntutan tersebut mengacu kepada kinerja wakil Rektor III yang mana tidak ada kejelasan atas kerjanya sebagai wakil rektor III. Hal ini menyangkut lembaga mahasiswa yang berada dibawah pimpinannya tidak berjalan sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

Kemudian tuntutan kepada Wakil rektor II untuk menstransparansikan semua keuangan kampus yang berasal dari UKT, APBN serta keuangan yang berasal dari sumber lainnya selama 4 tahun kepemimpinan rektor yang sekarang.

"Kami meminta transparansi keuangan kampus, karena selama ini kami membayar UKT dan kampus juga mendapatkan dana dari negara, tetapi selama ini kami tidak mengetahuinya," ujar Koordinator Lapangan aksi, Muhammad Jalali.

Ia mengatakan, pihak kampus tidak transparan dalam hal keuangan kampus, sementara gedung kuliah dan fasilitas dirasakan tidak ada perkembangan.

"Kami menuntut seluruh fasilitas yang ada  agar diperbaiki, jangan hanya gedung rektorat, tapi ruang-ruang kuliah kami juga harus diperbaiki secepatnya, beberapa fasilitas kampus seperti ruangan dan kursi sangat tidak memadai, ditambah lagi tidak adanya AC  untuk pendingin ruangan dan juga toilet yang tidak dibenahi sehingga menimbulkan bau" ungkapnya.

Mereka juga menuntut bentuk pungutan liar di Luar Unit Kegiatan (UK) yang memberatkan mahasiswa agar dihapuskan. (tio)

loading...
Reporter : Tio F /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]