Waspada, Kasus HIV/AIDS Meningkat di Pessel


Rabu, 11 September 2019 - 16:48:11 WIB
Waspada, Kasus HIV/AIDS Meningkat di Pessel grafik
PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dalam rentang waktu tiga tahun terakhir, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) terus meningkat di daerah itu. 
 
Kepala Bidang P2B Dinas Kesehatan, Kariadi mengatakan, tingginya lonjakkan kasus tersebut akibat maraknya perilaku menyimpang, seperti Lesbi, Guy, Trans Gender (LGBT). 
 
"Ya, memang ada peningkatan sejak 2016," katanya didampingi Kasi P2M, Rosmali pada wartawan di Painan, Rabu (11/9).
 
Dinas Kesehatan Pessel mencatat, pada 2016 angka penderita HIV/AIDS sebanyak 16 orang. Sementara di penghujung 2019 melonjak signifikan hingga 33 orang. 
 
Dari total angka tersebut, 57 persen adalah laki-laki. Sedangkan 43 persen lainnya adalah perempuan. Selain LGBT, lanjut dia, faktor penyebabnya adalah gonta ganti jarum suntik. Selain itu, penyebaran teknologi informasi yang sudah tak terbendung hingga pergaulan bebas.
 
"Penyebarannya juga rentan melalui air ludah, air mani dan darah," tuturnya. 
 
Kendati demikian, untuk antisipasi pihaknya menjaring ibu-ibu di setiap Puskesmas untuk melakukan cek darah. Hal itu guna mengetahui apakah terjangkit hepatitis, HIV/AIDS dan penderita spilis.
 
"Jika ada yang terinfeksi spilis, kami lakukan penanganan awal melalui obat tetes yang diberikan pada matanya. Kemudian bagi hepatitis diberikan vaksin abig. Jika menemukan penderita HIV/AIDS bakal kami rujuk ke RSUP Kota Padang. Sebab, RSUD kita belum memiliki obat penawarnya," ujarnya. (h/kis)
 


Reporter : Okis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 11 September 2019 - 16:08:42 WIB

    Waspada, Kualitas Udara Padang Mulai Memburuk

    Waspada, Kualitas Udara Padang Mulai Memburuk PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat terdapat kecenderungan memburuknya kualitas udara di kota jika dibandingkan dengan pengukuran sebelumnya. Namun, masih bisa dapat dikatakan aman un.
  • Senin, 01 Juli 2019 - 10:51:11 WIB

    Warga Diminta Waspada, Merapi Luncurkan Awan Panas 1.100 Meter 

    Warga Diminta Waspada, Merapi Luncurkan Awan Panas 1.100 Meter  YOGYAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan luncuran awan panas guguran Merapi terjadi Senin pagi pada pukul 06:13 WIB memiliki amplitudo 75 mm dan duras.
  • Rabu, 30 Januari 2019 - 21:42:16 WIB

    Waspada, Ada Kejahatan Remas Payudara di Payakumbuh

    Waspada, Ada Kejahatan Remas Payudara di Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Peristiwa pelecehan seksual jalanan terhadap wanita mulai terjadi di kawasan Padang Kudo, Padang Tinggi, Kelurahan Koto Tangah, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh..
  • Jumat, 16 Februari 2018 - 19:42:04 WIB

    Masyarakat Diminta Waspada, BBPOM: Abothyl Telah Dicabut Izin Edarnya

    Masyarakat Diminta Waspada, BBPOM: Abothyl Telah Dicabut Izin Edarnya PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sehubungan dengan adanya informasi mengenai isu keamanan Albothyl, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang telah menginstruksikan penarikan obat tersebut ke distributor. Ia meneran.
  • Kamis, 25 Januari 2018 - 09:52:40 WIB

    Pessel Waspada, Ada Potensi Angin Puting Beliung di Siberut

    Pessel Waspada, Ada Potensi Angin Puting Beliung di Siberut PADANG, HARIANHALUAN.COM—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau menginformasikan, ada potensi terjadinya water spout (nama lain angin puting beliung yang terjadi di laut) tiga kali dalam tiga hari .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM