Waspada, Kasus HIV/AIDS Meningkat di Pessel


Rabu, 11 September 2019 - 16:48:11 WIB
Waspada, Kasus HIV/AIDS Meningkat di Pessel grafik
PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dalam rentang waktu tiga tahun terakhir, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) terus meningkat di daerah itu. 
 
Kepala Bidang P2B Dinas Kesehatan, Kariadi mengatakan, tingginya lonjakkan kasus tersebut akibat maraknya perilaku menyimpang, seperti Lesbi, Guy, Trans Gender (LGBT). 
 
"Ya, memang ada peningkatan sejak 2016," katanya didampingi Kasi P2M, Rosmali pada wartawan di Painan, Rabu (11/9).
 
Dinas Kesehatan Pessel mencatat, pada 2016 angka penderita HIV/AIDS sebanyak 16 orang. Sementara di penghujung 2019 melonjak signifikan hingga 33 orang. 
 
Dari total angka tersebut, 57 persen adalah laki-laki. Sedangkan 43 persen lainnya adalah perempuan. Selain LGBT, lanjut dia, faktor penyebabnya adalah gonta ganti jarum suntik. Selain itu, penyebaran teknologi informasi yang sudah tak terbendung hingga pergaulan bebas.
 
"Penyebarannya juga rentan melalui air ludah, air mani dan darah," tuturnya. 
 
Kendati demikian, untuk antisipasi pihaknya menjaring ibu-ibu di setiap Puskesmas untuk melakukan cek darah. Hal itu guna mengetahui apakah terjangkit hepatitis, HIV/AIDS dan penderita spilis.
 
"Jika ada yang terinfeksi spilis, kami lakukan penanganan awal melalui obat tetes yang diberikan pada matanya. Kemudian bagi hepatitis diberikan vaksin abig. Jika menemukan penderita HIV/AIDS bakal kami rujuk ke RSUP Kota Padang. Sebab, RSUD kita belum memiliki obat penawarnya," ujarnya. (h/kis)
 


Reporter : Okis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 November 2019 - 10:30:26 WIB

    Waspada,,!! 10 Wilayah di Jakarta Ini Berpotensi Mengalami Pergerakan Tanah

    Waspada,,!! 10 Wilayah di Jakarta Ini Berpotensi Mengalami Pergerakan Tanah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan ada 10 di Jakarta yang berpotensi mengalami gerakan tanah pada November 2019..
  • Jumat, 11 Oktober 2019 - 20:28:17 WIB

    Waspada, Sudah 99 Kasus DBD Terjadi di Padang Pariaman

    Waspada, Sudah 99 Kasus DBD Terjadi di Padang Pariaman PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kasus DBD di Kabupaten Padang Pariaman meningkat. Tahun 2019, Januari sampai September tercatat 99 kasus, sedang setahun lalu atau tahun 2018 Januari sampai Desember 97 kasus..
  • Sabtu, 21 September 2019 - 17:53:09 WIB

    Waspada, BMKG Vonis Udara Sumatera Barat Tidak Sehat

    Waspada, BMKG Vonis Udara Sumatera Barat Tidak Sehat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Udara di Sumatera Barat masuk dalam kategori 'tidak sehat'. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang, Sumatera Barat, Wan .
  • Selasa, 17 September 2019 - 17:27:46 WIB

    Waspada, Sudah 2.436 Warga Padang Terjangkit ISPA

    Waspada, Sudah 2.436 Warga Padang Terjangkit ISPA PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 2.436 terjangkit penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di wilayah Kota Padang. Dari data Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang tercatat ada peningkatan kasus tersebut sebanyak 117 k.
  • Rabu, 11 September 2019 - 16:08:42 WIB

    Waspada, Kualitas Udara Padang Mulai Memburuk

    Waspada, Kualitas Udara Padang Mulai Memburuk PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat terdapat kecenderungan memburuknya kualitas udara di kota jika dibandingkan dengan pengukuran sebelumnya. Namun, masih bisa dapat dikatakan aman un.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM