Penunggak Pajak Serbu Samsat Kota Solok


Kamis, 12 September 2019 - 09:18:26 WIB
Penunggak Pajak Serbu Samsat Kota Solok Petugas Samsat Kota Solok memberikan pelayanan pada wajib pajak Kamis(11/9). Petugas juga menjelaskan tentang penghapusan denda adminsiterasi kendaraan bermotor yang akan berakhir 30 September nanti. ALFIAN

SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Peluang yang diberikan pemerintah tentang penghapusan sanksi administerasi terhadap kendaraan mati pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) ternyata dimanfaatkan oleh pemilik kendaraan bermotor di wilayah kerja UPTD Pengelolaan Pendapatan (Samsat) Kota Solok.
Buktinya, sejak tanggal 2 September begitu kran dibuka pemerintah, pemilik kendaraan bermotor yang selama ini lalai dalam pembayaran pajak sehingga pajak kendaraannya mati, dimanfaatkan sebaik mungkin dengan membayar pajak ke Samsat Kota Solok yang berada di Laing lebih kurang 3 kilometer dari pasar Solok.
Dari pantauan Haluan Kamis (11/9) terlihat sejak pagi hingga jadwal layanan kantor tutup, tingkat kunjungan pemilik kendaraan bermotor membludak di Samsat Kota Solok, para petugas yang selama ini bekerja sedikit santai namun sejak adanya penghapusan denda bagi kendaraan mati pajak bekerja ekstra cepat.
Tidak ada terlihat petugas baik dari kepolisian, Dinas Pendapatan dan PT Asuransi Jasa Raharja yang bermenung menunggu proses permohonan pembayaran pajak. Dai loket 1 hingga transaksi pembayaran terpaksa peras keringat. Dibagian loket pelayanan juga demikian, map berisi berkas terlihat padat, sementara pemilik kendaraan rela anteri beberapa jam.
Kendati di kantor Samsat Kota Solok disediakan ruangan tunggu dilengkapi bangku tempat duduk, malahan kapasitas tempat duduk yang ada tidak mampu menampung pemilik kendaraan, diantaranya terpaksa berdiri menunggu giliran mendapatkan pelayanan. Banyak juga pemilik kendaraan yang bersabar diluar kantor karena terbatasnya daya tanpung.
Kepala UPTD Pengelolaan Pendapatan Kota Solok Zulfardi menjawab Kamis itu mengakui tentang adanya kebijakan pemerintah pusat menghapus sanksi denda adminsiterasi terhadap pemilik kendaraan yang mati pajak. Ada 2 penghapusan yang diberikan, yakni sanksi denda kendaraan mati pajak dan penghapusan sanski administerasi bagi kendaraan yang mutasi ke Kota Solok. Tidak dipungut adminsiterasi bagi kendaraan yang BBNKB.
Penghapusan sanksi yang diberikan juga menaikan penerimaan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor di Samsat Solok. Peluang yang diberikan hendaknya dapat dimanfaatkan pemilik kendaraan bermotor apalagi peraturan itu datangnya tidak tiap tahun. Kadang kala dalam 5 tahun 1 kali bahkan ada 7 tahun baru ada kebiajakan lagi. (*)

 


Reporter : Alfian /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM