Tuntutan Mereka Tak Direspon Rektor, Aksi Demo Kedua Mahasiswa UIN-IB Memanas


Kamis, 12 September 2019 - 10:10:26 WIB
Tuntutan Mereka Tak Direspon Rektor, Aksi Demo Kedua Mahasiswa UIN-IB Memanas Aksi mahasiswa UIN Imam Bonjol saat unjuk rasa kedua, Rabu (11/9. WINDA

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang kembali melakukan aksi demo keduanya, di depan kantor rektorat, Rabu (11/9). Kali ini, mahasiswa kembali menuntut janji rektor yang belum terpenuhi.

Dalam aksi yang kedua ini, mahasiswa meminta agar Rektor dan Wakil Rektor UIN IB Padang, turun dari jabatannya. Bahkan ratusan mahasiswa yang membentangkan sepanduk tersebut, memaksa masuk ke gedung rektorat yang dikawal polisi dan satpam.

 

 

Tak lama selang aksi berlangsung, Rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman, didampingi Wakil Rektor II dan III,  menemui para pendemo. 

"Saya minta perwakilan agar kita melakukan audiensi. Untuk mundurnya rektor, sampaikan surat kepada Kementerian Agama (Kemenag), karena rektor ditunjuk oleh Kemenag. Silakan berdemo tapi jaga keamanan dan ketertiban," ujar rektor.

Menanggapi hal tersebut, mahasiswa tidak mau melakukan audiensi. Bahkan mahasiswa tetap menjalankan aksinya tersebut. Mahasiswa sempat memaksa masuk, namun dihalangi oleh petugas keamanan dan pihak kepolisian. Aksi tersebut akhirnya berhasil diredam, sehingga mahasiswa mundur.

Melihat para pendemo yang mulai memanas, ketua senat Prof.Dr.H. Syaifullah, M.Ag akan melakukan sidang senat, pada Kamis (12/9). 

"Demo sudah dilakukan oleh mahasiswa selama dua hari ini. Untuk itu, kami siap mendengarkan aspirasi dari mahasiswa, dalam rapat senat terbuka," ujar guru besar UIN IB Padang tersebut.

Sementara itu, koordinator demo Ahmad Syarijal, menjelaskan, tuntutan mahasiswa pada hari kemarin, tidak satu pun disetujui oleh Rektor. "Tuntutan kami untuk menurunkan rektor, jika tidak dilaksanakan maka kami lanjut kepada Kemenag," sebut Syarijal.

Ia menambahkan, bahwa mahasiswa yang kuliah di Fakultas Ekonomi Bisnis yang berada di kampus III, Sungai Bangek, Lubuk Minturun, belum bisa untuk kuliah. Hal ini disebabkan portalnya masih eror, sehingga belum bisa mengakses mata kuliahnya.  

"Masalah yang terjadi itu menyebabkan mereka kembali ke kampus II di Lubuk Lintah. Kemudian pergi ke bagian akademik, namun petugasnya tidak ada, bagaimana ini," tegasnya lagi

Dalam demo tersebut, sekitar 100 personil polisi dikerahkan, untuk menjaga keamanan demo. Sebelumnya mahasiswa UIN IB Padang telah melakukan demo pada Selasa (10/9) kemarin. Dalam aksinya  mahasiswa menuntut dua belas, antara lain
Menuntut kinerja rektor dan wakil rektor, sehingga tidak ada kejelasan.

Menuntut wakil rektor II untuk, transparansi keuangan kampus. Menuntut pimpinan kampus memperbarui fasilistas kampus. Menuntut apapun bentuk pungutan liar di luar UKT. Menuntut agar meningkatkan keamanan kampus. Menuntut agar mahasis yang diberikan beasiswa, diberikan kepada uang mampu.  (*)

loading...
Reporter : Winda /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]