Hebat! Siswa Ini Berhasil Ciptakan Mesin Pencetak Makanan Karak Kaliang


Kamis, 12 September 2019 - 16:10:56 WIB
Hebat! Siswa Ini Berhasil Ciptakan  Mesin Pencetak Makanan Karak Kaliang Hasil karya siswa SMKN 2 Payakumbuh berupa mesin pencetak makanan karak kaliang. Dok/Yesi

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - SMKN 2 Payakumbuh baru-baru ini membimbing 3 orang siswanya untuk menciptakan satu alat teknologi kerekayasaan berupa mesin pencetak karak kaliang. 

Mesin pencetak karak kaliang ini, merupakan hasil karya 3 orang siswa SMKN 2 Payakumbuh yaitu Arif Wandra Putra, Putra Nandicito dan Ihwan Suhadi.

Wendris, guru yang juga menjabat sebagai Waka Humas di SMKN 2 Payakumbuh mengatakan ide pembuatan mesin yang muncul dari banyaknya jumlah rumah produksi karak kaliang yang masih menggunakan cara manual di lingkungan sekitar SMKN 2 Payakumbuh.

"Di Sepanjang Bukittinggi hingga ke Payakumbuh banyak yang memproduksi karang kaliang sebagai olahan untuk dijadikan buah tangan, namun sampai saat ini masih dibuat secara manual dengan tangan. Dari situ muncul ide, untuk memproduksi alat ini," ungkapnya kepada Haluan beberapa waktu lalu.

Disampaikan Wendris, dengan menggunakan mesin pencetak karak kaliang dari SMKN 2 Payakumbuh ini, produsen akan lebih produktif dan bekerja lebih efisien.

"Jika biasanya satu pekerja mampu mencetak maksimal 12 kg/hari, dengan mesin cetak karak kaliang ini mampu jumlah produksi mampu meningkat hingga 250kg/hari. Tentu lebih cepat, bersih/higienis, tidak memakan tempat, mudah pengoperasiaannya dan bisa dicetak dalam berbagai bentuk," kata dia.

Mesin pencetak karak kaliang ini, memiliki daya mesin 670 watt, 110/220volt, 2A, 1HP, 1Phase. Dengan Kecepatan mesin 70 rpm dan kapasitas mesin 30-35kg/jam.

Terpisah, Dalius Kepala SMKN 2 Payakumbuh mengatakan mesin pencetak karak kaliang ini telah membawa harum nama SMKN 2 Payakumbuh di ke berbagai lomba.

"Siswa kita (red : SMKN 2 Payakumbuh) mencoba membuat mesin yang kaitannya adalah produksi yang ada di masyarakat. Mesin ini pernah dibawa lomba teknologi tepat guna di tingkat provinsi mewakili payakumbuh yg di sponsori Bapedda," jelasnya.

Melalui alat ini, Dalius mengungkapkan SMKN 2 Payakumbuh selalu mendukung kreativitas dan inovasi-inovasi yang diciptakan siswa-siswanya. (*)

loading...
Reporter : Yesi /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]