Mantap! Banyak Tokoh Tempuh Jalur Independen di Pilkada Pasbar


Kamis, 12 September 2019 - 16:27:42 WIB
Mantap! Banyak Tokoh Tempuh Jalur Independen di Pilkada Pasbar Ketua KPU Pasbar Alharis. (Osniwati)

PASBAR,HARIANHALUAN.COM-Bakal Calon Bupati Indenpenden dari Kabupaten Pasaman Barat mulai mengiklankan diri, mulai dari memasang baliho hingga di media sosial.

Cukup banyak yang ingin menempuh jalan non partai tersebut menuju Rumah Bagonjong Pasbar, baik yang sudah memproklamirkan diri secara terbuka maupun yang masih menyusun strategi..

Pantauan harianhaluan.com di lapangan seperti Agus Susanto. mantan anggota DPR RI dari PDIP ini tidak saja gencar turun ke masyarat, tetapi juga sudah  mulai tampak  mengiklankan dirinya untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Pasbar dari jalur non partai atau indenpenden. 

Baliho Agus Susanto saat ini sudah terpasang di Jalan Raya Padang- Pasbar tepatnya di Batang Toman, dan di sejumlah lokasi lainnya.

Selain itu, juga tampil tokoh muda Lili Sukri. Mantan anggota DPRD Pasbar ini juga menyatakan siap maju sebagai Bakal Calon Bupati Pasbar dari jalur indenpenden.


Kendati demikian, para tokoh terbaik Pasbar tersebut tentu sudah menelaah, mengkaji dan memperhitungkan betapa menempuh jalur  independen merupakan jalan yang tidak mudah.

Di Pilkada mendatang bakal calon indenpenden tersebut harus mengumpulkan dukungan 8,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 250.723. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Alharis. Total keseluruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) khusus di Pasbar berjumlah 250.723 berarti sekitar 8,5 persen KTP yang harus dipenuhi bakal calon perseorangan tersebut. 

"Berdasarkan UU No 10 tahun 2016, jumlah DPT di bawah 250 ribu, syarat harus mencapai 10 persen, DPT 250 - 500 ribu, 8,5 persen, DPT 500 ribu - 1 juta, 7,5 persen, dan 1 juta ke atas, 6,5 persen. tersebar di seluruh kabupaten/kota," ujar Alharis, Kamis (12/9). 

Ia menjelaskan, syarat bakal calon perseorangan pengumuman dukungan tanggal 25 November - 8 desember 2019, untuk penyerahan syarat dukungan 11 desember 2019 -  5 maret 2020. Pengumuman pendaftaran calon perseorangan 16 juni - 18 juni 2020. 

"Jika sudah diserahkan berkas syaratnya ke KPU, nanti Itu semua harus melewati proses administrasi, faktual yang di periksa oleh Tim," jelas Alharis.

Lebih lanjut, kata Alharis sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 mengatur tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota tahun 2020.

Dia menambahkan, syarat untuk calon kepala daerah, bupati dan wakil bupati, berumur minimal 25 tahun, pendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, dan persyaratan lainnya.(ows)


Reporter : OSNIWATI /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 Agustus 2019 - 20:20:47 WIB

    Mantap! Tiga Cabup Muda Sumbar-Riau Bangun Koneksi

    Mantap! Tiga Cabup Muda Sumbar-Riau Bangun Koneksi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Pemimpin daerah mendatang harus bisa menjalin komunikasi dan koneksi dengan berbagai pihak, termasuk dengan kolega sesama kepala daerah. Tak hanya itu, daerah juga membutuhkan tenaga muda energik u.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM