Nagari Campago Gelar Musrenbang


Kamis, 12 September 2019 - 16:59:25 WIB
Nagari Campago Gelar Musrenbang Saat Musrenbang berlangsung di Nagari Campago Barat. Trisnaldi

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (12/9) menggelar Musrenbag Nagari untuk pembangunan tahun 2020.

Musrenbang berlangsung sehari itu dirasa istimewa karena dihadiri 4 anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman.

"Pembangunan fisik untuk peningkatan perekonokian masyarakat masih tetap menjadi topik utama dalam musrenbang tersebut,” kata Wali Nagari Campago Barat, Junaidi menjawab Haluan usai kegiatan.

 

Wilayah Campago Barat masih didominasi pertanian padi sawah, luasnya sampai sekarang 350 hektare, ladang diatas 200 hektare.

"Pembangunan irigasi masih terus ditingkatkan dan sejalan dengan itu, percepatan pendirian BUMNag juga dilakukann," sebut Junaidi.

Dari luas sawah yang ada, baru sekitar 27 persen terairi irigasi teknis. Bahkan masih ada sawah tadah hujan atau berbandar langit. Total luasnya lebih kurang 75 hektare. Diantara 75 hektare sawah tadah hujan di Nagari Campago barat itu meliputi Kajai, Sawah Rawang dan Campago.

Namun sejumlah program lainya juga ada dibahas dalam musrenbang yang dilakukan untuk pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan penunjang percepatan kerja dan berwira usaha.

Sungguhpun demikian, rancangan-rancangan yang didapat dalam Musrenbang yang sudah dilakukan, menjadi bahan untuk dibawa ke Musrenbang tingkat kecamatan awal tahun 2020.

Menurut Camat Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Khairul Nizam, sampai sekarang baru dua nagari yang sudah melaksanakan Musrenbang Nagari, yakni Campago Selatan dan Campago Barat.

Musrenbang dihadiri pula oleh KAN Nagari Campago, dan perangkat nagari setempat termasuk bidan desa dan sejumlah undangan lainya. (h/tri)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 23:24:08 WIB

    Sembilan Anggota Bamus Nagari Koto Baru Resmi Dilantik

    Sembilan Anggota Bamus Nagari Koto Baru Resmi Dilantik HARIANHALUAN.COM - Sembilan orang anggota Badan Musyawarah (Bamus) terpilih Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), dari hasil pemilihahan di Delapan Kejorongan yang ada dilantik Bupati Pa.
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 11:14:42 WIB

    Janji Bupati Belum Ditunaikan, Tiga Kampung di Nagari Cubadak Masih Terisolir

    Janji Bupati Belum Ditunaikan, Tiga Kampung di Nagari Cubadak Masih Terisolir HARIANHALUAN.COM - Tiga kampung, dihuni ratusan kepala keluarga (KK) di Nagari Cubadak, Kecamatan Duokoto, Kabupaten Pasaman masih berstatus terisolir. Akibatnya kehidupan masyarakat disana masih tertinggal dan jauh dari seja.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 21:44:57 WIB

    Mayhamsah Terpilih Jadi Salah Satu Anggota Bamus Nagari Lingkuang Aua

    Mayhamsah Terpilih Jadi Salah Satu Anggota Bamus Nagari Lingkuang Aua HARIANHALUAN.COM - Pemilihan Badan Musyawarah Nagari (Bamus) Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) wilayah pemilihan Jorong Jambak mengantarkan tokoh muda Millenial, Mayhamsah menjadi menja.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 19:43:41 WIB

    9 Anggota Bamus Nagari Koto Baru Pasbar Ditetapkan

    9 Anggota Bamus Nagari Koto Baru Pasbar Ditetapkan HARIANHALUAN.COM - Seleksi calon anggota Bamus Nagari koto baru ditetapkan. Dari 36 peserta, akhirnya 9 orang terpilih menjadi anggota Badan Musyawarah (Bamus) terpilih Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pas.
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 20:58:47 WIB

    2.446 KK Nagari Tarung-tarung Diusulkan Terima BLT Kabupaten

    2.446 KK Nagari Tarung-tarung Diusulkan Terima BLT Kabupaten HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 2.446 kepala keluarga (KK) di Nagari Tarung-Tarung, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, diusulkan sebagai calon penerima Bantuan Sosial (Bansos) BLT kabupaten. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]