Parkir Liar Mulai Marak di Kota Solok


Kamis, 12 September 2019 - 17:02:48 WIB
Parkir Liar Mulai Marak di Kota Solok Ilustrasi. Dok/net

SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Parkir liar juga menjamur di Kota Solok. Beberapa kawasan yang bukan tempat parkir sesuai ditentukan Surat Keputusan (SK) Walikota Solok malahan dijadikan parkir liar sehingga banyak dana parkir yang jatuh ketangan orang-orang tertentu.

Dari pantauan Haluan di lapangan terlihat sejumlah parkir liar berada dibeberapa jalan utama yang nota bene kawasan pelayanan masyarakat. Pada hal Pemerintah Kota Solok hanya menetapkan 20 buah kawasan parkir serta pengelola ditentukan sesuai SK yang diturunkan pada UPTD Pengelola Parkir pada Dinas Perhubungan Kota Solok.

Selain di jalan utama, parkir liar juga ada di terminal angkutan kota dan terminal Bareh Solok, tidak jelas kepada siapa juru parkir itu melakukan setoran hasil dari pungutannya karena UPTD Dinas Perparkiran tidak menerima setorannya.

Maraknya parkir liar di Kota Solok mendapat sorotan dari berbagai kalangan, masyarakat memina aparat penegak peraturan daerah untuk menyikat juru parkir liar. Setidaknya tim Sapu Bersih Pungutan liar (Saber Pungli) harus bereaksi sehingga parkir liar lenyap dibumi persada Kota Solok ini, papar Sukiman pemuka masyarakat pada Haluan Kamis (12/9).

Kawasan parkir yang ditentukan sesuai SK Walikota Solok ada 20 titik masing-masing di pasar raya blok VII tahap III, depan pos Satpan Barat dan Timur, pelataran parkir pasar semi moder, depan pertokoan emas, pasar tahap IV sebelah kanan dan kiri, depan los daging, uangan Terbuka Hijau (RTH), pertokoan bundo kanduang dan pertokoan Solinda.

Depan rumah makan roda baru dan Sinar Listrik, depan toko Win Jaya, depan Kosmetek Ananda, depan mini market Berok dan samping parkir bendi jurusan Simpang Rumbio, ke 20 titik itu ada pengelolanya dan wajib setornya.

Sementara parkir  yang ada di terminal angkutan kota pasar raya Solok, kawasan terminal Bareh Solok, pasar sayur, depan lapangan Merdeka, depan praktek dokter pandan baik Patimura dan Asabill, Annisa tidak termasuk parkir yang ditentukan pemerintah Kota Solok.

Kepala dinas Perhubungan Kota Solok Asril yang ditanya Haluan beberapa hari lalu mengakui adanya parkir liar di Kota Solok. Untuk mengikis parkir liar itu pihaknya tidak bisa jalan sendiri namun perlu ada tim. Dinas Perhubungan hanya bisa menentukan titik parkir dan untuk eksekusi parkir liar berada di Satpol PP, Saber Pungli dan tim SK4.

Menurut Asril didampingi Kepala bidang lalu lintas Kamril, tim yang ada itu sejogyanya melaksanakan tugasnya sesuai tugas pokok dan fungsi karena Dinas Perhubungan hanya menentukan kawasan saja dan penertiban bukan lagi tugasnya. Namun jika memang Pemerintah Kota Solok memberikan tugas tambahan seperti Dinas Perhubungan Bukittinggi bisa dilakukan eksekusi ataupun mengempiskan kendaraan yang parkir sembarangan. (h/alf)

 

 

loading...
Reporter : Alfian /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 13:22:12 WIB

    Ngeri, Parkir Berlapis dan Pasar di Payakumbuh Ini Malah Membludak saat PSBB!

    Ngeri, Parkir Berlapis dan Pasar di Payakumbuh Ini Malah Membludak saat PSBB! HARIANHALUAN.COM - Sudah 13 warga Payakumbuh terpapar positif Virus Corona. Dari 13 kasus positif itu, terbanyak menyebar  dari Pasar Payakumbuh. Bahkan untuk antisipasi penyebaran virus mematikan untuk kawasan pasar tersebu.
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 14:16:12 WIB

    Pemko Bukittinggi Evaluasi Masalah Parkir

    Pemko Bukittinggi Evaluasi Masalah Parkir BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias evaluasi masalah parkir ketika memimpin rapat lengkap bersama pejabat eselon di lingkungan Pemko Bukittinggi. Rapat lengkap yang dilaksanakan di aula Bal.
  • Kamis, 23 Mei 2019 - 16:32:09 WIB

    Payakumbuh Sediakan 25 Parkir Resmi

    PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Payakumbuh mengimbau para pengendara kendaraan bermotor tidak parkir di sembarang tempat karena telah disediakan 25 lokasi parkir resmi di daerah itu..
  • Sabtu, 26 November 2016 - 01:25:35 WIB

    Lokasi Parkir Wisata Mande Akan Dikaji Ulang

    PAINAN, HALUAN — Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Pesisir Selatan, akan mengkaji penyediaan lahan parkir kendaraan roda dua dan roda empat didua objek wisata d.
  • Senin, 08 Agustus 2016 - 16:46:11 WIB

    Pasaman Barat belum Tarik PAD Parkir

    Pasaman Barat belum Tarik PAD Parkir PASBAR, HALUAN-- Pemerintah Pasaman Barat belum memasukkan pendapatan parkir kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena lokasi yang dijadikan sebagai lahan parkir belum memadai ketika dipungut biaya parkir..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]