Tolak Revisi UU KPK, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Mundur


Jumat, 13 September 2019 - 09:32:04 WIB
Tolak Revisi UU KPK, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Mundur Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (tengah), nyatakan mundur dari KPK, Jumat . (antara)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Sehari saja  setelah  pemerintah dan DPR  sepakat untuk membahas revisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK), dan terpilihnya lima orang untuk menjadi komisioner KPK 2019-2023,  Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyatakan mundur sebagai pimpinan KPK 2015-2019. 

"Saudara saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK-terhitung mulai Senin 16 September 2019," kata Saut melalui surat elektronik seperti dikutip dari antaranews, Jumat pagi (13/9/2019).


Sehari sebelumnya, Kamis (12/9)  Saud Situmorang  menyatakan  'perang' terhadap upaya pemerintah dan DPR  merevisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK). 

“Sekarang kita sedang perang pikiran ini. Mari kita perang,” kata Saut dengan suara lantang di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Saut menegaskan, perbuatan korupsi merupakan kejahatan extra ordinary crime. Sehingga dia meyakini, UU KPK hingga kini belum layak untuk direvisi.

“Jadi kita enggak usah debat lagi, pokoknya extra ordinary crime belum berubah sejak UU KPK dibuat sampai hari ini. Oleh sebab itu pertanyaan besar, ada apa, kenapa diubah?” tanya Saut.

Untuk diketahui, sejak Presiden Joko Widodo telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres)  membahas revisi UU KPK  bersama DPR,   gelombang penolakan revisi UU KPK terus bergulir, baik dipusat maupun di sebagaian daerah. *

loading...
 Sumber : ANT /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]