Kabut Asap Masuk Wilayah Sumbar, Ini Imbauan Pemerintah untuk Masyarakat


Sabtu, 14 September 2019 - 12:26:30 WIB
Kabut Asap Masuk Wilayah Sumbar, Ini Imbauan Pemerintah untuk Masyarakat imbauan untuk masyarakat.

PADANG, HARIANHALUAN.COM .-  Melihat Kabut Asap memasuki Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pemprov Sumbar memberikan imbauan kepada Bupati dan Walikota untuk diteruskan kepada masyarakat.

Imbauan itu tertulis pada Surat Edaran Nomor : 660/01/DLH-2019 yang disahkan pada  Kamis (12/09/19) , surat tersebut sempat  diupload oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di akun instagram miliknya .

Dalam Surat Tersebut tertulis 
“Sehubungan dengan adanya titik panas hasil pemantauan BMKG GAW Koto Tabang di Provinsi Riaw , Jambi , Sumatera Selatan dan Sumatera Barat , Hasil pengukuran AQMS (Air Quality Monitoring System) yang terpasang di halaman Kantor Gubernur bersama ini di sampaikan sebagai berikut . 

1. Kualitas udara Sumatera Barat cenderung mengalami penurunan untuk parameter debu PM 10 (Partikel Debu Ukuran 10 Mikrometer) dan PM 2,5 ( Partikel Debu Ukuran 2,5 Mikrometer) dengan kategori sedang dan tidak sehat ( pengukuran tanggal 12/9/19) .

2. Untuk menghindari dampak negative kesehatan masyarakat dan keselamatan berkendaraan, diminta kepada Bupati / Walikota agar :

a. Mengimbau Masyarakat untuk menghindari aktivitas luar ruangan dalam waktu yang cukup lama.

b. Pada kabupaten/kota yang dampak kabut asapnya cukup tebal kiranya dapat menghimbau pihak sekolah untuk menunda kegiatan /  aktifitas sekolah di luar ruangan (seperti : olahraga , upacara atau aktifitas lainnya) dengan durasi waktu yang cukup lama , hingga kondisi udara membaik.

c. Menggunakan Masker apabila beraktivitas di luar ruangan .

d. Menghidupkan lampu kendaraan bermotor pada saat jalan raya.

e. Melakukan pemantauan kualitas udara pada masing-masih daerah untuk mengetahui kondisi kualitas udara .

Nasrul Abit juga menghimbau kepada pemerintah Kabupaten/Kota yang terkena dampak kabut asap segara melakukan langkah antisipasi guna untuk kesehatan masyarakat . (h/rel)

loading...
 Sumber : Rilis /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]