SEJENAK BERSAMA ZIGO ROLANDA

Pulang Kampung Lanjutkan Pengabdian Membangun Solok Selatan


Sabtu, 14 September 2019 - 15:58:58 WIB
Pulang Kampung Lanjutkan Pengabdian Membangun Solok Selatan Politisi muda Solok Selatan, Zigo Rolanda

Zigo Rolanda yang periode sebelumnya duduk di Parlemen Provinsi Sumbar memutuskan maju sebagai Anggota DPRD Solok Selatan. Apakah yang mau diperbuat politisi muda ini, sehingga rela ‘turun tingkat’ dari provinsi ke kabupaten kampung halamannya itu, berikut kutipan wawancara wartawan Haluan (Harianhaluan.com), David R dengan Zigo Rolanda.

 

Wawancara eksklusif HaluanTV bersama Politisi muda Solok Selatan, Zigo Rolanda

Bicara tentang politik dan Hipmi tentunya tak asing lagi bagi Zigo Rolanda. Bahkan, karir tokoh muda dari Solok Selatan ini melejit di bisnisnya sebagai pengusaha muda dan juga sebagai anggota legislatif melalui Partai Golkar.

Ya, Partai Golkar terutama di Solok Selatan sudah melekat dengan nama Zigo Rolanda. Kesetiaannya meniti karir politik di partai berlambang pohon beringin tersebut dimulai sejak 2010 menjadi Anggota Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) hingga sekarang menjadi ketua memimpin Golkar di Solok Selatan.

Prestasi yang diraih Zigo Rolanda patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi generasi muda. Sebagai Ketua Partai Golkar termuda di Indonesia, Zigo menunjukan kinerjanya dan strategi politiknya sehingga mampu memenangkan Partai Golkar sebagai partai pemenang pemilu di Solok Selatan.

Pencapaian Zigo tentunya menjadi rolle model kaum muda Sumatera Barat dalam dunia politik dan dunia usaha, sehingga menimbulkan keinginan kaum muda Ranah Minang banyak terjun ke dunia politik dan dunia usaha dari rekam jejak Zigo yang sangat baik dan positif.

Anda dikenal sebagai pengusaha muda. Nama Anda juga familiar di HIPMI dan organisasi pemuda lainnya. Lalu, kenapa anda terjun ke Politik?

Sebagai pengusaha muda itu tetap. Namun terjun ke politik, itu panggilan hati saya. Dengan niat yang tulus, sebagai generasi muda saya merasa bertanggungjawab membangun kampung halaman. Salah satu jalannya terjun ke politik.

Usia anda masih muda. Bahkan, mungkin terbilang anggota legislatif termuda, tetapi prestasi politik anda luar biasa dan berhasil meraih suara terbanyak di daerah pemilihan pada periode lalu, sehingga mengantarkan anda sebagai Anggota DPRD Sumbar melalui Partai Golkar dan sekarang juga meraih suara terbanyak di Pileg Solok Selatan. Apa sih sebetulnya strategi politik Anda?

Sebelumnya saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Sumatera Barat, khususnya Solok Selatan yang telah memilih saya, sehingga duduk di kursi Anggota DPRD Solok Selatan periode 2019-2024. Sebagai rasa syukur atas dukungan masyarakat, saya tidak melakukan strategi apa-apa.

Bagi saya, saya turun di Solok Selatan dengan  niat yang tulus mengabdi membangun kampung halaman. Itu saja. Niat saya ini saya sampaikan kepada masyarakat. Alhamdulillah, masyarakat respon dan kepercayaan masyarakat ini tentunya amanah yang saya pegang untuk saya jalankan di DPRD Solok Selatan nanti.

Sebelum berbicara maju mencalonkan diri sebagai Anggota Legislatif, anda merupakan Ketua DPD Partai Golkar Solok Selatan? Apakah anda tidak merasa terbebani memikul jabatan ketua, padahal anda masih muda dan masih banyak politisi senior lainnya?

Iya, benar. Saya diberi amanah memipin Golkar Solok Selatan. Kalau berbicara terbebani, jelas pasti ada beban ya. Apalagi tantangan Parpol sangat berat pada Pemilu kemarin, sementara kita sebagai ketua dan unsur pimpinan partai memikul tanggung jawab bagaimana bisa memenangkan partai di daerah masing-masing.

Namun tantangan itu saya lalui dengan tulus, karena tugas dan jabatan itu amanah. Saya bersama unsur pimpinan merangkul semua teman-teman kader partai bagaimana kita berbuat untuk partai danmasyarakat, agar Golkar tetap di hati masyarakat Solok Selatan. Alhamdulillah, Golkar meraih suara terbanyak di Solok Selatan.

Selain persaingan yang begitu ketat, karena begitu banyaknya calon anggota legislatif yang maju pada Pileg lalu, persaingan Partai Politik juga sangat ketat? Lalu, bagaimana menyikapinya kemarin, sehingga Partai Golkar bisa menang di Solok Selatan, sementara daerah lain dimenangi Parpol lain?

Salah satu tekad saya turun maju sebagai Anggota Legislatif DPRD Solok Selatan juga menyelamatkan Partai Golkar. Saya bertekad bagaimana Partai Golkar bisa kembali di hati masyarakat kampung halaman saya, karena penurunan suara ini salah satu kekhawatiran partai padaPileg kemarin.

Alhamdulillah, suara Golkar suara Rakyat Solok Selatan. Kami sangat berterima kasih kepada segenap masyarakat Solok Selatan yang telah mendukung Golkar. Kami akan jalankan amanah ini sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Solok Selatan.

Ini prestasi politik yang luar biasa juga anda buktikan. Apakah anda sebelumnya tidak menemui tantangan berat, karena berpolitik itu dengan tantangan dan trik-trik lainnya yang bisa menjatuhkan anda? Misalnya dipandang sebelah mata, karena usia anda yang masih sangat muda dibandingkan politisi senior lainnya?

Ya bener juga. Bukan politik namanya kalau tidak ada tantangan ya. Apalagi bagi kita yang muda-muda ini. Dunia perpolitikan sebut era millenial ya. Tapi bagi saya apakah itu dipandang sebelah mata atau tantangan lain, jawabannya satu saja yaitu buktikan dengan prestasi kerja. Saya buktikan lewat peran saya sebagai anggota DPRD, peran dan fungsi saya sebagai pimpinan partai, peran dan fungsi saya juga sebagai anggota masyarakat serta fungsi dan tanggungjawab lainnya. Karena, semua itu amanah masyarakat yang mesti kita jalankan. Jika semua itu bisa kita tunaikan, insya Allah semuanya berjalan lancar.

Sekarang anda duduk sebagai pimpinan sementara DPRD Solok Selatan. Sebentar lagi insya Allah definitif sebagai Ketua DPRD Solok Selatan, karena aturan partai anda menguatkan seperti itu dimana Ketua Partai otomatis duduk sebagai ketua DPRD. Lalu, seperti apa pengabdian yang mau anda perbuat untuk Solok Selatan?

Pengabdian itu adalah mewujudkan percepatan pembangunan Solok Selatan. Kemajuan pembangunan itu adalah hal utama meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Nah, pembangunan ini pastinya meliputi semua bidang. Mulai dari sektor perekonomian masyarakat, pendidikan, kesehatan dan insfratruktur. Inilah nanti yang akan kita perkuat bersama pihak eksekutif Pemkab Solok Selatan, sehingga program-program pembangunan dipastikan berjalan.

Banyak strategi yang bisa dilakukan, diantaranya dengan memanfaatkan jaringan. Setiap pejabat eksekutif, anggota DPRD dan tokoh berpengaruh di daerah tersebut mesti pandai memainkan peran masing-masing, melakukan lobi ke luar menggaet pihak-pihak swasta maupun pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan di Solok Selatan.

Terakhir, Anda sudah berhasil duduk sebagai Anggota DPRD Solok Selatan. Bahkan peraih suara terbanyak dan partai pengusung anda yakni Partai Golkar juga keluar sebagai pemenang. Banyak masyarakat yang mengartikan niat tulus anda ‘Mengabdi Membangun Kampung Halaman’ itu merupakan persiapan di Pilkada serentak 2020 nanti. Benarkan ada niat Anda maju sebagai calon Bupati Solok Selatan nanti?

Mhmm... Mengabdi di kampung halaman itu tidak mesti jadi Bupati kan..? Kita lihat saja nanti! (tutup Zigo sambil tersenyum-red)


 Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM